Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Antam Bangun Empat Posyandu di Desa Malasari

Kompas.com - 01/03/2019, 14:48 WIB
Hotria Mariana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 1.452 kepala keluarga di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor kini lebih tenang karena di wilayahnya ada empat pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang baru saja selesai dibangun.

Empat posyandu yang baru dibangun tersebut merupakan gagasan dari Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor PT Antam, Tbk bersama masyarakat setempat.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (1/3/2019), General Manager Antam Pongkor I Made Mastana menuturkan, program pembangunan posyandu ini merupakan Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan (PMB) demi meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat pertambangan.

“Pembangunan posyandu ini adalah implementasi tanggung jawab sosial PT Antam, Tbk di bidang kesehatan,” tuturnya.

Keberhasilan pembangunan ini tak terlepas dari peran masyarakat, seperti ada partisipasi tenaga kerja dari masyarakat bahkan turut mendukung material bangunan.

Baca jugaBerkat Program PPM Antam, Halmahera Punya Kopi Khas Tersendiri

“Kami sangat mengapresiasi warga Desa Malasari yang telah mendukung dan ikut partisipasi pembanguan posyandu ini” kata Made.

Ditambahkannya, dukungan juga datang dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nanggung melalui kesepakatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pongkor dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nanggung serta seluruh aparatur Desa Kecamatan Nanggung.

Sekretaris Desa Malasari, Lela Isroria mengatakan, masyarakat kini merasa terbantu karena urusan kesehatan menjadi lebih mudah dengan adanya posyandu tersebut.

“Sebelum ada posyandu ini, kegiatan pelayanan kesehatan kepada warga dilaksanakan di poskamling setempat, bahkan di rumah warga,” ujarnya.

Desa Malasari merupakan salah satu wilayah terluar di Kabupaten Bogor. Wilayah Selatan Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Banten.

Desa ini memiliki tantangan dalam bidang pelayanan kesehatan karena jaraknya yang jauh dari ibu kota Kecamatan Nanggung, yaitu mencapai 17 kilometer (km). Sedangkan jarak ke ibu kota Kabupaten Bogor mencapai 68 km.

Ada pun sebaran empat posyandu tadi berada di Kampung Keramat Banteng, Nyuncung, Pabangbon dan Talahab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com