Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Kaum Milenial Stres, Keuangan Jadi Sumber Utama

Kompas.com - 02/03/2019, 06:49 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut survei yang diterbitkan oleh perusahaan manajemen investasi BlackRock, uang merupakan sumber stres utama khususnya bagi kaum milenial. 

Mengutip Bussiness Insider, Sabtu, (02/03/2019), hal ini ditunjukkan dari persentase yang semula 53 persen naik menjadi 63 persen di kalangan responden usia milenial.

Bahkan menurut studi tersebut, persentase stres akibat uang di usia milenial lebih besar dibanding stres yang diakibatkan oleh pekerjaan, keluarga, dan kesehatan yang tercatat sebagai 3 sumber utama stres dalam kehidupan.

Para peneliti menyebutkan, hal itu bisa disebabkan oleh banyaknya tujuan keuangan yang direncanakan milenial. Sementara, mayoritas orang tua cenderung memiliki satu tujuan keuangan utama, yakni tabungan pensiun.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh investasi Blackrock tersebut, sekitar 60 persen kaum milenial tidak tahu di mana menemukan investasi yang handal, meskipun banyak milenial percaya bahwa investasi merupakan awal yang baik bagi perencanaan finansial di masa mendatang.

Sementara itu, 90 persen lainnya kewalahan dengan banyaknya pilihan investasi yang tersedia, sementara 77 persen mengatakan investasi sulit dipahami karena kurangnya informasi yang jelas dan ramah pengguna.

Dalam studi ini juga menyebutkan, hampir 50 persen Wanita cenderung lebih stres ketimbang pria yang pesentasenya hanya 34 persen.

Oleh karena itu, studi ini menyarankan perlu adanya edukasi terkait investasi dan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com