Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta dalam Dua Minggu Ada Penerbangan Internasional di Bandara Radin Inten II

Kompas.com - 08/03/2019, 09:04 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk segera menghadirkan penerbangan internasional di Bandara Radin Inten II, Lampung.

Hal tersebut dikemukakan kepala negara saat meresmikan terminal baru bandara tersebut pada Jumat (8/3/2019).

"Saya tadi sudah memerintahkan Menhub, pertama bandara ini paling lama dua minggu sudah ada penerbangan internasional," ujar Jokowi.

Baca juga: Mengintip Bandara Radin Inten II yang Diresmikan Jokowi

Selain itu, Jokowi juga meminta untuk pengelolaan bandara ini diserahkan ke PT Angkasa Pura II (Persero). Nantinya, jika sudah resmi dikelola AP II, perusahaan plat merah itu akan melakukan pengembangan.

"Mungkin nanti ada perluasan lagi untuk terminalnya. Karena juga sudah saya perintahkan juga diserahkan saja lah ke AP II agar pengelolaan ya lebih cepat sehingga anggarannya bisa konsenterasi ke bandara yang lainnya," kata Jokowi.

Bandara Radin Inten II mempunyai landas pacu sepanjang 2770 m x 45 m yang bisa melayani pesawat sejenis Boeing 737, dua taxiway yang keduanya berukuran 123 m x 23 m serta apron berukuran 195 m x 80 m.

Baca juga: Kembangkan Bandara Radin Inten II, Berapa Dana yang Dikeluarkan AP II?

Selain itu bandara ini juga memiliki gedung parkir khusus 4 lantai dengan seluas 2.200 meter persegi yang dapat menampung 700 mobil. Adapun luas terminal penumpangnya sebesar 9.434 meter.

Saat ini, Bandara Radin Inten II melayani total 34 penerbangan reguler dengan rata-rata penumpang kurang lebih 7.500 penumpang per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com