Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Alasan Garuda Pesan 50 Pesawat Boeing 737 MAX?

Kompas.com - 13/03/2019, 22:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai Garuda Indonesia telah memesan 50 pesawat Boeing 737 MAX. Saat ini baru satu unit yang dioperasikan oleh maskapai pelat merah itu.

Lantas, apa alasan Garuda Indonesia lebih memilih memesan pesawat Boeing 737 MAX ketimbang jenis lain?

Direktur Teknik Garuda Indonesia I Wayan Susena mengatakan, pihaknya memutuskan membeli pesawat Boeing 737 MAX karena pesawat yang biasa digunakan Garuda tak lagi diproduksi. Pesawat tersebut ialah Boeing 737-800.

"Karena 737-800 tidak produksi lagi. Kan dia mendesain tipe baru. Kan sama dengan airbus. Kita akan melihat apakah ini sesuai dengan bisnis kita atau tidak," ujar Wayan di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Pemerintah Belum Berniat Larang Boeing 737 Max Terbang ke Indonesia

Wayan menambahkan, sesuai informasi tentang spesifikasi yang diterimanya, pesawat Boeing 737 MAX disebut lebih irit bahan bakar.

"Kalau sesuai spesifikasi, dia lebih efisien dari sisi fuel. Waktu itu antara 10 dan 15 persen (lebih irit) dibanding seri 800," kata Wayan.

Saat ditanyai apakah Garuda akan tetap melanjutkan pemesanan pesawat jenis tersebut, Wayan belum bisa memastikannya.

"Nah itu belum tahu. Kami masih evaluasi internal kami di Garuda. Kami juga menunggu hasil dari investigasi, dari FAA, dari Kemenhub. Kami mengikuti apa yang menjadi regulasi. Intinya kami mengutamakan keselamatan penerbangan," ucapnya.

Sebelumnya, pesawat Boeing 737 MAX 8 kembali mengalami kecelakaan. Kali ini pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlines jatuh dalam perjalanan dari Addis Ababa ke Nairobi, Kenya, pada Minggu (10/3/2019).

Akibat kecelakaan itu, 149 penumpang dan 8 kru pesawat tewas.

Peristiwa naas itu terjadi kurang dari lima bulan setelah kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Lion Air yang jatuh dan menewaskan 189 orang.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi Pesawat Boeing 737 Max 8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com