Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dirut BTPN yang Tak Sengaja Terjun ke Dunia Perbankan

Kompas.com - 16/03/2019, 07:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ongki Wanadjati Dana telah berkecimpung di dunia perbankan selama 36 tahun. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Pensional Nasional Tbk (KOMPAS100: BTPN).

Tak disangka, Ongki mengaku awalnya tak berminat masuk ke dunia perbankan. Sebab, Ongki merupakan lulusan jurusan teknik mesin Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Cita-cita saya awalnya tidak ingin (bekerja di) perbankan. Ini kebetulan saja,” ujar Ongki di sela-sela acara KOMPAS100 CEO Talk di Menara Kompas, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Ongki Wanadjati Bakal Jadi Dirut Bank Hasil Merger BTPN dan Sumitomo

Ongki bercerita, ketika baru lulus dari ITB, dirinya ditawarkan mengikuti program yang diselenggarakan oleh salah satu bank internasional. Saat itu dia ditawari untuk mengikuti pelatihan di luar negeri dari bank multinasional itu.

“Nah saya tadinya iseng saja, tapi saya memang punya cita-cita untuk terus bisa belajar. Belajarnya ke luar negeri juga, karena kedaan keluarga saat itu tidak mungkin, Citibank ini menawarkan program training belajar selama satu tahun dan dikirim ke luar negeri,” kata Ongki.

Baca juga: Pascamerger dengan SMBCI, BTPN Resmi Beroperasi

Setelah mengikuti pelatihan selama satu tahun mengenai dunia perbankan, akhirnya Ongki mulai tertarik menggelutinya. Dia mengaku banyak mendapat pelajaran berharga dari dunia perbankan.

“Karena perbankan ini punya kesempatan bagi kita untuk selalu belajar hal yang baru dan kesempatan bertemu dengan orang yang berbeda-beda. Bosnya beda-beda. Jadi awalnya tidak sengaja,” ucap dia.

Sebelum menduduki posisi Direktur Utama BTPN, Ongki telah merasakan bekerja di beberapa bank. Dia mulai mengawali karirnya di dunia perbankan dengan menjadi manager kredit kendaraan Citibank.

Baca juga: BTPN Optimistis Bisa Jadi Bank BUKU IV di 2021

Selanjutnya, dia juga pernah merasakan posisi Vice President di Citibank. Tak hanya itu, dia juga pernah menjadi petinggi di Bank Subentra, Bank Universal, Bank Permata dan Wakil Direktur Bank BTPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com