Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank DKI Dorong Inklusi Keuangan di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 17/03/2019, 09:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI mendorong inklusi keuangan di Kepulauan Seribu. Ini diwujudkan dengan sejumlah inisiatif yang dilakukan perseroan.

Bank DKI DKI telah menerapkan program Inklusi Keuangan termasuk program Laku Pandai dan penyaluran pembiayaan kepada pelaku usaha di wilayah tersebut.

Dengan adanya agen Laku Pandai, warga Kepulauan Seribu akan semakin banyak dimudahkan dalam melakukan transaksi perbankan dengan Bank DKI.

Baca juga: Bank DKI Perluas Layanan Perbankan di Kepulauan Seribu

“Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening ataupun pengambilan uang tunai kepada agen laku pandai yang telah bekerjasama dengan Bank DKI” ujar Corporate Secretary Bank DKI Herry Djufraini dalam pernyataannya, Minggu (17/3/2019).

Herry juga menyebutkan, Bank DKI akan memprioritaskan menggandeng merchant-merchant JakOne Mobile yang telah bekerjasama dengan Bank DKI untuk menjadi agen Laku Pandai di wilayah Kepulauan Seribu.

“Merchant-merchant yang kebanyakan merupakan UMKM bukan cuma bisa menerima pembayaran dengan QR Code, tetapi juga bisa mendapatkan sharing fee dari transaksi perbankan yang dilayani kepada warga Kepulauan Seribu” ujar Herry.

Baca juga: Akhir Tahun, Bank DKI Buka 7 Kantor Baru

Untuk memperluas akses terhadap layanan jasa perbankan, Bank DKI telah melakukan sejumlah upaya di antaranya penempatan 11 mesin ATM Bank DKI dan 69 mesin EDC Bank DKI di wilayah kepulauan seribu. EDC tersebut tersebar di Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pari, Pulau Payung, Pulau Pramuka, Pulau Sabira, Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Bank DKI pun mendukung program penyaluran bantuan sosial dan pendidikan melalui KJP Plus ke seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Distribusi KJP Tahap 2 ini dilakukan di 8 pulau yakni Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Untung Jawa.

Adapun total penyaluran KJP Tahap 2 di Kepulauan Seribu ini sebesar Rp 842 juta yang akan didistribusikan kepada siswa/siswi tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Sampai akhir Desember 2018, Bank DKI telah menyalurkan sekira 800.000 KJP dengan nilai transaksi mencapai Rp 3,60 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com