Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kini Punya Layanan Transhipment Internasional

Kompas.com - 20/03/2019, 12:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Februari 2019, pelabuhan Tanjung Priok memiliki pelabuhan transhipment untuk kapal-kapal internasional.  

Jakarta International Container Terminal (JICT) dapat melayani kapal kapal Internasional yang akan melakukan transhipment di terminalnya. JICT juga memiliki area khusus untuk cross terminal movement bagi PT JICT dan TPK Koja.

Selama ini, Indonesia menjadi pelabuhan transhipment untuk kapal domestik yang akan mengirimkan kargonya keluar Indonesia dengan kapal asing. Namun, kini JICT resmi menjadi pelabuhan petikemas pertama di Indonesia yang dapat melakukan kegiatan transhipment internasional.

Baca juga: JICT Sebut Layanan Bongkar Muat di Tanjung Priok Segera Berjalan Normal

"Semua kapal dari luar Indonesia yang akan melakukan transhipment ke pelabuhan tujuan berikutnya, dapat melakukannya lewat JICT," kata Direktur Utama JICT Gunta Prabawa dalam pernyataannya, Rabu (20/3/2019).

Selain memberikan pelayanan transhipment, JICT merupakan Terminal Petikemas pertama di Indonesia yang menerima kapal-kapal direct service ke beberapa pelabuhan diAfrika, Australia, Eropa dan Amerika.

Hingga Maret 2019, JICT menerima 4 pelayaran baru yang sandar di JICT, yaitu Hyundai, SITC dan dua service baru dari CMA, yang salah satunya direct service ke Australia. 

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, JICT Tunjuk Operator RTGC Baru

Menurut Gunta, Layanan Transhipment Internasional akan memberikan efisiensi bagi rantai logistik di Indonesia. Bila selama ini JICT dan Pelabuhan Tanjung Priok hanya menjadi pelabuhan transhipment bagi kapal domestik dan intra Asia, maka kini JICT bisa menjadi alternatif bagi pelayaran pelayaran yang selama ini hanya bisa melakukan alih kapal di Singapura atau Malaysia.

"Sistem dan infrastruktur di JICT sudah sangat siap memulai layanan alih kapal internasional ini," sebut Gunta.

 

 

 

Semua ini belum selesai, JICT masih akan terus melakukan berbagai inovasi dengan tujuan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Kami ingin JICT terus memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk Tanjung Priok tapi juga untuk Indonesia. Tutup Gunta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com