Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Prediksi Bus Akan Jadi Primadona Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 22/03/2019, 10:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pemudik yang menggunakan moda transportasi bus akan meningkat pada periode mudikLebaran 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi memprediksi kenaikan ini dipengaruhi karena tiket pesawat yang mahal dan sudah beroperasinya Tol Trans Jawa.

“Perkiraan saya nanti bus jadi unggulan selain kereta api. (Penumpang) pesawat kalau kita lihat terjadi penurunan,” ujar Budi di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Kemenhub Berangkatkan 54.000 Orang dalam Mudik Gratis Lebaran 2019

Budi menambahkan, pada 2018 lalu jumlah penumpang bus mencapai 4,51 juta orang. Tahun ini diprediksi meningkat hingga 4,6 juta orang.

“Kami prediksi naiknya (penumpang bus) 1 sampai 2 persen,” kata Budi.

Senada dengan Budi, Sekretaris Badan Litbang Perhubungan Rosita Sinaga mengakui bahwa ada penurunan penumpang pesawat pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan masyarakat ingin menjajal Tol Trans Jawa.

Baca juga: Rencanakan Anggaran Mudik agar Tak Menguras Kantong

“Yang paling terlihat adalah Tol Trans Jawa dari sebelum dan sesudah dioperasikan. Jadi orang tampaknya ingin mencoba betapa enaknya dari Jakarta dan Surabaya, sehingga penurunan itu terjadi," kata Rosita.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono membantah adanya penurunan penumpang pesawat pada tahun ini. Menurut dia, penumpang pesawat tetap akan meningkat, tetapi tak akan sebesar tahun lalu.

“Dari tahun lalu itu ada 7 persen, sementara tahun ini 3,17 persen,” tutur Nur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com