Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Langkah Cerdas untuk Menjamin Masa Depan Keuangan Anda

Kompas.com - 25/03/2019, 09:09 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Ketika Anda mulai mendapatkan penghasilan tetap, itu bisa terasa sama seperti mulai dari merangkak ke berjalan.

Anda mungkin bisa makan di restoran yang sebelumnya tidak bisa, atau mungkin akhirnya membayar tagihan tepat waktu atau mempertimbangkan untuk menyewa tempat tinggal yang lebih cocok untuk Anda.

Saat kemungkinan baru ini muncul, ingat juga, bahwa ini merupakan saat yang tepat untuk mulai memikirkan keamanan keuangan jangka panjang Anda.

"Bagi saya, uang sama dengan pilihan," kata Kathryn Hauer, Perencana Keuangan bersertifikat di Wilson David Investment Advisors seperti dikutip dari CNBC, Senin (25/3/2019).

"Jika Anda fokus pada gagasan bahwa uang memungkinkan Anda membuat pilihan yang membuat hidup lebih baik. Itu adalah cara yang baik untuk mendorong diri Anda melakukan hal-hal sekarang untuk masa depan," tambahnya.

Baca juga: Bukan Cuma Irit Pengeluaran, Ini Kunci Mandiri saat Pensiun Dini

Gagasan untuk mendanai tujuan jangka pendek dan jangka panjang mungkin terdengar seperti tindakan yang melibatkan pengorbanan besar. Namun semakin cepat Anda mengidentifikasi dan mewujudkan hal itu, maka semakin tinggi hasilnya.

Berikut ini beberapa langkah cerdas mengelola uang yang dapat membantu membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan, terlepas dari tujuan khusus Anda.

1. Siapkan tabungan darurat

Banyak orang tidak memiliki uang darurat disisihkan, meskipun para ahli biasanya merekomendasikan membangun biaya hidup tiga hingga enam bulan di rekening tabungan.

Faktanya, survei Federal Reserve 2018 menunjukan, 40 persen orang Amerika tidak akan mampu menutupi biaya tak terduga 400 dollar AS tanpa menjual sesuatu atau meminjam uang.

Salah satu alasan penghematan seperti itu adalah bahwa opsi untuk mendanai pengeluaran yang tidak terduga dapat menjadi mahal.

2. Simpan untuk masa pensiun

Untuk keamanan finansial jangka panjang, penting untuk memikirkan masa depan saat Anda sudah pensiun.

Meskipun ada sistem jaminan sosial memberikan penghasilan kepada para pensiunan, namun Anda tidak bisa hanya mengandalkan hal itu.

Jika Anda tidak memiliki dana pensiun, bisa gunakan tabungan untuk membantu memberi penghasilan saat membutuhkannya.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com