Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Siapkan Perbaikan "Software" Pesawat 737 MAX

Kompas.com - 26/03/2019, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

SEATTLE, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat Boeing Co akan memberikan pembaruan perangkat lunak (software) pesawat 737 MAX secara gratis kepada maskapai-maskapai yang telah membeli pesawat tersebut. Ini diungkapkan pihak Boeing pada awal pekan ini.

Namun demikian, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/3/2019), perbaikan perangkat lunak pesawat Boeing 737 MAX tersebut masih harus memperoleh persetujuan dari otoritas penerbangan di seluruh dunia. Perangkat lunak menjadi fokus investigasi kecelakaan dua pesawat Boeing 737 Max 8 dalam beberapa bulan terakhir.

Departemen Transportasi AS menyatakan telah membentuk panel eksternal untuk meninjau program sertifikasi yang dilakukan Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) terhadap Boeing 737 MAX. Adapun penyebab jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik Lion Air dan Ethiopian Airlines masih belum diketahui hingga saat ini.

Baca juga: Buntut Jatuhnya Boeing 737 Max, American Airlines Batalkan 90 Penerbangan Per Hari hingga April

Sementara itu, pihak Ethiopian Airlines menyatakan hasil awal laporan terkait kecelakaan pesawatnya akan diketahui pada pekan ini atau pekan depan. CEO Ethiopian Airlines Tewolde Gebremariam pun mengaku masih percaya dengan Boeing.

"Meski ada tragedi, Boeing dan Ethiopian Airlines akan terus bekerja sama dengan baik di masa mendatang. Ethiopian Airlines percaya pada Boeing. Mereka telah menjadi mitra kami selama bertahun-tahun," sebut Gebremariam.

Pesawat seri 737 MAX adalah produk terlaris Boeing. Adapun nilai pesanan pesawat tersebut mencapai total lebih dari 500 miliar dollar AS.

Baca juga: Akibat Tragedi 737 Max 8, Nilai Pasar Boeing Lenyap 40 Miliar Dollar AS

Saham Boeing ditutup menguat 2,3 persen pada level 370,46 dollar AS pada penutupan perdagangan Senin waktu setempat. Ini seiring harapan perbaikan perangkat lunak akan segera rampung.

Meskipun demikian, saham Boeing telah melemah sekira 12 persen dan nilai pasarnya telah lenyap 29 miliar dollar AS sejak pesawat Ethiopian Airlines jatuh pada 10 Maret 2019 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com