Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Siap Masyarakat Indonesia Sambut Hari Tua?

Kompas.com - 27/03/2019, 08:05 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memiliki waktu yang cukup singkat dalam mempersiapkan usia tua. Begitu hasil survei perusahaan penyedia jasa kesehatan Cigna Corporation terbaru.

Mayoritas responden Indonesia menyebut masa tua dimulai pada usia 57 tahun. Ini merupakan jawaban usia tua terendah dibandingkan 21 negara lain yang juga disurvei.

Dalam survei, rata-rata penduduk dunia menyebut usia tua dimulai pada 63 tahun. Meski begitu, mayoritas masyarakat Indonesia atau 64 persen responden, ternyata siap secara finansial menghadapi usia tua.

Angka ini lebih tinggi responden global yang hanya 38 persen menyatakan siap dengan hari tuanya.

“Selain itu, hampir 80 persen masyarakat di Indonesia siap menyambut usia tua yang aktif dan sehat," ujar Chief Marketing and Strategic Partnership Officer Cigna Indonesia Akhiz Nasution dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Selain siap secara fisik, mayoritas masyarakat Indonesia atau 87 persen responden, juga merasa siap secara mental dalam menghadapi usia tuanya.

Lebih dari 50 persen responden juga menyatakan ingin terus bekerja di usia tua. Alasanya beragam, mulai ingin tetap sibuk hingga ingin menjadi mentor kepada pekerja yang lebih muda.

Hal ini disambut oleh para responden usia muda. Sebanyak 69 persen dari responden usia muda di Indonesia mengatakan mereka mau bekerja bersama generasi yang lebih tua.

"Ini sebuah fakta yang cukup positif mengingat perekonomian negara bisa terbantu dengan banyaknya masyarakat usia tua yang sehat dan ingin tetap memberikan kontribusi," kata dia.

Survei global Skor Kesejahteraan 360° dilakukan di 22 negara pada awal 2019. Survei dengan 13.200 responden itu merupakan survei tahunan Cigna.

Survei 2019 merupakan yang kelima dilakukan oleh Cigna. Tolak ukur kesejahteraan yang dipakai mengacu pada lima pilar utama yakni fisik, keluarga, sosial, keuangan, dan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com