Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI akan Luncurkan Satelit Senilai Rp 22 Triliun, Untuk Apa?

Kompas.com - 28/03/2019, 20:39 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses internet kian dibutuhkan masyakarat di tengah era digital atau era revolusi Industri 4.0. Tak hanya di kota-kota besar namun juga hingga keseluruh pelosok negeri.

Namun kondisi geografis Indonesia membuat hal itu tak mudah diwujudkan. Bahkan proyek serat optik Palapa Ring saja tak menjamin semua titik di pelosok negeri bisa mengakses internet.

Oleh karena itu, pemerintah akan meluncurkan satelit yang nilanya ditaksir Rp 22 triliun. Satelit itu digadang-gadang akan membuat masyarakat di seluruh pelosok negeri bisa mengakses internet berkecepatan tinggi.

Namun masyarakat perlu bersabar karena satelit tesebut baru akan diluncurkan pada akhir 2022 mendatang.

Baca juga: Palapa Ring Rampung, Tak Semua Titik Bisa Akses Internet Berkecepatan Tinggi

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Anang Latif mengungkapan hal itu dalam acara Danabakti PT SMI 2019 di Ritz Carlton PP, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

"Satelit ini nantinya akan menjadi satelit pertama yang dimiliki pemerintah yang dinamakan teknologi terkini High Throughput Satellite (HTS)," ujarnya.

Anang mengatakan, ukuran satelit HTS sepuluh kali lipat dari satelit-satelit swasta saat ini.

Kominfo kata Anang, yakin satelit HTS akan menyelesaikan semua masalah konektivitas untuk 150.000 titik di seluruh Indonesia.

"Satelit ini rencananya akan meluncur karena konstruksinya 3 tahun jadi akhir 2022. ketika satelit di atas, sampai pelosok pun nanti akan tercapai internet kecepatan tinggi," kata dia.

Sambil menunggu satelit HTS, pemerintah menyiapkan alternatif dengan melakukan sewa kapasitas satelit swasta yang ada di atas teritori Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com