Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Terbaik saat Menghadapi Tekanan Pekerjaan

Kompas.com - 03/04/2019, 09:15 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Tekanan kerap kita temui di kehidupan sehari-hari. Ini termasuk tekanan kecil, masalah pribadi, masalah pekerjaan yang membentang selama berminggu-minggu, berbulan-bulan dan mungkin bertahun-tahun.

Namun, hidup ditentukan dengan bagaimana Anda menangani apa yang terjadi pada diri sendiri. Prinsip ini juga berlaku untuk tekanan.

Hal itu tidak bisa dihindari, jadi dampaknya ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi terhadapnya.

Baca juga: Kenali Alarm Stres dalam Bekerja yang Berbahaya

Dikutip dari Forbes, Rabu (3/4/2019), berikut adalah 5 cara sehat dan produktif untuk menghadapi tekanan.

1. Prioritas

Jika Anda dihadapkan dengan sumber tekanan utama, misalnya tekanan pekerjaan, masalah pribadi dan lain-lain. Jangan sekaligus memikirkan seluruh situasi tersebut yang bisa membuat Anda kewalahan.

Segera mulailah memecah hal-hal tersebut menjadi beberapa bagian, dan tentukan apa yang perlu dilakukan sekarang.

Memecah situasi yang lebih besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil akan membuatnya jadi lebih baik. Saat Anda mengecek hal-hal ini dari daftar tugas Anda, Anda akan mendapatkan ketenangan dan bisa menangani berbagai hal.


2. Menjaga hidup sehat

Ketika kita stres dan kewalahan, mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan buruk, seperti makan dan minum yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi kafein, tidak tidur, tidak berolahraga, dan tidak merawat diri sama sekali.

Sangat mudah untuk merasionalisasi kebiasaan ini ketika Anda stres. Namun, menjaga diri sendiri ketika Anda berada di bawah tekanan sebenarnya memberi lebih banyak energi dan membantu Anda fokus.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan segar dan sehat seperti protein tanpa lemak, sayuran, dan karbohidrat sehat, minum banyak air dan menyisihkan waktu untuk berolahraga.

Meluangkan waktu untuk bermeditasi di awal dan akhir hari juga membantu menjernihkan pikiran Anda dan merupakan cara yang damai dan sehat untuk memulai dan mengakhiri hari, terutama ketika kehidupan kacau.

Habiskan waktu bersama teman dan keluarga. Pergi ke luar dan menghirup udara segar dan Anda akan menangani tekanan dengan lebih fokus.

Baca juga: Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Kantong Sehat

3. Tetapkan Batasan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com