Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tommy Soeharto Gandeng Perusahaan Dubai untuk Bangun Rumah Murah

Kompas.com - 11/04/2019, 19:48 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto menggandeng perusahaan asal Dubai, Bin Zayed Group untuk membangun proyek rumah murah.

Rencananya, perusahaan asal Dubai tersebut siap menggelontorkan dana sekitar 3 sampai 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 70 triliun untuk merealisasikan proyek tersebut.

Perjanjian kerja sama ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh PT Berkarya Makmur Sejahtera dan Bin Zayed Group.

Baca juga: Ini Rahasia Tommy Soeharto untuk Bisa Jadi Pengusaha Sukses

“Kalau 5 miliar (dollar AS) itu kita konversikan tadi proyek rumah, 1 rumah rumahnya 10 ribu dollar AS atau Rp 145 juta, berarti akan membuat kurang lebih 500 ribu (rumah),” ujr Tommy di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Namun, menurut Tommy, 500 rumah murah tersebut tak akan langsung dibangun dalam waktu dekat ini. Rencananya, rumah-rumah tersebut akan dibangun di seluruh wilayah Indonesia.

“Karena nanti dilihat yang feasible dimana saja, dan kesiapan daripada tanah yang ada berapa jauhnya. Sehingga nanti kita lihat proyek per proyek,” kata Tommy.

Baca juga: Resmikan Goro, Tommy Soeharto Ingin Putus Rantai Panjang Produsen ke Konsumen

Tommy menjelaskan, selama ini proyek penyediaan 1 juta rumah oleh pemerintah tak pernah terwujud. Atas dasar itu, dirinya merasa terpanggil untuk membangun rumah murah.

“Dengan proyek tersebut kiranya akan jadi cikal bakal mencapai 1 juta rumah sederhana unit pertahun bisa tercapai. Tentunya tadi, tergantung kondisi politik Indonesia,” ucap dia.

Selain penyedian rumah rumah, kerjasama ini juga membuka peluang untuk melakukan pembangunan pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com