Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditantang Dosen Berbisnis, Pria Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 12/04/2019, 08:34 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rici Solihin (29), salah satu pemenang nominasi Micropreneur of the year dalam Citi Micropreneurship Awards (CMA) 2019 adalah pengusaha muda yang berlatar pendidikan Manajemen Bisnis.

Usahanya bergerak di bidang pertanian berbaris hidroponik yang diberi nama Paprici Segar Barokah.

Awal mula bisnis Rici, sapaan akrabnya, mulai dilakoni sejak tahun 2012 saat mendapat tantangan dari dosen untuk mengaplikasikan skripsinya tentang rencana bisnis pertanian paprika.

"Saya melihat petani-petani di kampung saya kesulitan untuk memasarkan hasil taninya. Setelah saya lihat, ternyata kebutuhan pasarnya kurang. Akhirnya saya analisis dan saya jadikan skripsi tentang tentang plan bisnis pertanian paprika. Dosen saya memberi tantangan bisnis ini bisa dijadikan atau enggak," kata Rici Solihin kepada Kompas.com, Kamis (11/4/2019).

Baca juga: 8 Wirausaha Mikro Raih Penghargaan dari Citi Indonesia

Sejak saat itu, Rici nekat terjun langsung ke dunia pertanian, meskipun latar belakang pendidikannya bukan pertanian. Setelah belajar, ia mengembangkan bisnis di tahun 2012 hingga saat ini.

"Saya mulai punya pertanian paprika sendiri hingga akhirnya jalan 7 tahun kurang lebih sampai sekarang," katanya.

Produk yang ditawarkan adalah produk sayuran seperti 80 persen paprika, timun curie, daun mint, dan basil. Rici juga terus mengolah produk sayuran itu untuk lebih tahan lama dan mengubahnya menjadi barang jadi.

Baca juga: Toko Online Benih Ini Bidik Petani Milenial

Strategi ini diambil untuk tetap dapat memanfaatkan barang berkualitas low-grade atau over-capacity menjadi produk bernilai tinggi dibanding hanya di jual di tengkulak dengan harga murah.

Strategi ini berhasil berkat kolaborasi dengan petani dan mahasiswa setempat. Sejak tahun 2018, produk Rici mulai bertambah varian mulai dari bubuk paprika, cheese stick paprika, dan aneka kue yang semua bahan utamanya dari paprika.

Meskipun mengalami kendala dalam bisnis terutama di bidang SDM dan alam seperti suhu, udara, dan hama, bisnis Rici saat ini telah mengantongi omzet rata-rata Rp 20 juta per bulan. Dalam setahun, Rici bisa meraup hingga Rp 240 juta.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Sanjung Raih Omzet hingga Puluhan Juta Rupiah

Rici juga terus mengembangkan bisnisnya hingga ke luar Pulau Jawa. Saat ini, produknya mudah ditemui di Kalimantan dan Sumatera. Selain itu, produk olahannya juga telah diekspor di Singapura.

Anak bungsu dari empat bersaudara ini mengatakan, dirinya bangga menjadi petani muda paprika. Tak lupa, dia berpesan kepada anak muda Indonesia untuk terus melalukan kolaborasi dan melihat kebutuhan pasar dalam berbisnis.

"Terus berkolaborasi untuk memajukan bisnis. Untuk memulai bisnis yang paling simpel adalah lihat dulu marketnya siapa. Ketika sudah mengerti marketnya, semakin mudah bagi kita untuk menciptakan bisnis-bisnis baru," tandas Rici.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com