Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Bangun "Halal Park" di Dekat GBK

Kompas.com - 13/04/2019, 23:47 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widood mengatakan, pemerintah berencana membangun taman halal di dekat Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pembangunan itu ditujukan untuk meningkatkan industri halal, khususnya di sektor pariwisata, di Indonesia.

"Sebentar lagi kita akan buka halal park di dekat GBK," ujar Jokowi dalam debat capres-cawapres di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Jokowi mengatakan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indoneisa punya potensi besar dalam mengembangkan ekonomi syariah.

Jokowi menyebut Indonesia dinobatkan sebagai salah satu juara wisata halal sehingga punya peluang besar untuk mewujudkan industri wisata halal bagi dunia.

"Kita akan fokus dan konsentrasi di sini, untuk lebih baik lagi, di mana kita akan terus mengembangkan pusat wisata kuliner halal di setiap daerah," kata Jokowi.

Sementara itu, Calon Wakil Presiden nomor 01 Maruf Amin mengatakan bahwa dirinya dan Jokowi akan mengembangkan industri halal di dalam negeri dan juga luar negeri.

Ia menyebut eksistensi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI dalam menerbitkan sertifikasi dan fatwa halal sudah diakui secara internasional.

Bahkan, banyak negara telah mengadopsi sistem jaminan halal dan sertifikasi halal dijadikan sebagai role model.

"Standar halal Indonesia menjadi global, lebih dari 50 negara meminta sertifikasi halal dari MUI supaya produk mereka diakui dunia, misal Korea," kata Maruf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com