Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Lebih Petani Garam Dapat Penyaluran KUR Rp 68,8 Miliar

Kompas.com - 14/04/2019, 12:39 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kali ini penyaluran KUR diberikan kepada 2.384 debitur yang merupakan para petani garam di berbagai daerah.

“Sejumlah kemudahan disertakan dalam KUR Khusus ini, antara lain suku bunga rendah, ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Minggu (14/4/2019).

"Bunga hanya 7 persen per tahun, serta mekanisme yarnen (bayar setelah panen) atau sesuai dengan satu siklus usaha," sambung dia saat meresmikan penyaluran KUR Garam Rakyat di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: KUR Perikanan Rp 201 Miliar Disalurkan ke 6 Daerah, Ini Daftarnya

KUR Garam Rakyat yang disalurkan oleh Pemerintah diharapkan meningkatkan akses pembiayaan kepada petani garam yang kerap sulit mengembangkan usahanya karena terkendala modal.

Selain di Pamekasan, KUR Garam Rakyat juga disalurkan di 5 daerah lainnya yakni Indramayu, Rembang, Jeneponto, Bima, dan Kupang.

Total penyaluran KUR Garam Rakyat yang disalurkan sebesar Rp 68,8 miliar yang diterima oleh 2.384 debitur.

Sejak diluncurkan skema KUR subsidi bunga tahun 2015, total akumulasi KUR yang telah disalurkan hingga 31 Maret 2019 tercatat sebesar Rp 368.8 triliun, yang disalurkan kepada 15,2 juta debitor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com