Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: Tidak Ada Eksodus Pengusaha

Kompas.com - 16/04/2019, 09:03 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilu semakin dekat, banyak isu beredar salah satunya tentang eksodus para pengusaha menjelang pemilu.

Namun, Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara membantah hal tersebut.

Dalam isu yang beredar disebutkan bahwa para pengusaha khawatir terhadap suasana politik sehingga berbondong-bondong ke luar negeri.

"Tidak ada eksodus. Semua normal," kata Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Usai Pemilu, Pelaku Ritel Optimistis Penjualan Bisa Lebih Kencang

Rudiantara mengatakan, telah memantau penerbangan dan reservasi hotel. Setelah memantau dua hal tersebut, tidak ada kenaikan penumpang.

"Berdasarkan pantauan seat penerbangan, tidak ada kenaikan. Tiket pesawat relatif normal. Reservasi hotel juga normal rata-rata 70.000. Memang biasanya yang keluar dari Indonesia dan yang masuk ke Indonesia sekitar 70.000," ucapnya meyakinkan.

Sementara Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengakui memang ada rasa takut menjelang pemilu, oleh karena itu pengusaha melakukan berbagai usaha salah satunya membuat program diskon Klingking Fun.

Klingking Fun adalah program diskon dari 250 merek lokal dan internasional pada hari pemilu. Program ini terintegrasi dari pemerintah dan pengusaha.

"Menjelang pemilu ada rasa takut sehingga kami rasa dari pengusaha harus melakukan sesuatu untuk mengubah paradigma bahwa ini buka sesuatu yang menakutkan, tapi pesta yang bergembira," kata Shinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com