Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BEI: Pemilu Kondusif, IHSG Positif

Kompas.com - 18/04/2019, 21:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama ursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menilai penguatan indeks harga saham gabungan (IHSG) merupakan salah satu bentuk kepercayaan investor terhadap pelaksanaan pemilihan umum 2019 yang kondusif.

"Kalau kita lihat (Pemilu), berjalan damai, tenang, pencoblosan juga oke. Jadi itu tercermin dalam market di sini, market cukup confident," ujar Inarno di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Dia menyebutkan, pelaksanaan pesta demokrasi yang berjalan kondusif dapat membawa IHSG menuju tren positif secara jangka pendek maupun panjang.

"Kelihatannya, investor sudah buy in terhadap kemarin (Pemilu)," katanya.

Baca juga: Jokowi Effect, IHSG dan Rupiah Diprediksi Terus Menguat Pasca Pemilu

Hal senada dikatakan CEO PT Arah Investasi Mandiri, Hendra Martono Liem yang mengatakan sejumlah pelaku pasar saham mulai mengambil posisi beli seiring dengan pelaksanaan Pemilu yang aman.

"Tidak ada kecemasan di diri investor atau suatu gerakan yang kurang bagus. Pemerintah menjaga keamanan tetap kondusif," katanya.

Ia menambahkan kepercayaan di pasar saham juga terlihat dari investor asing yang mencatatkan pembelian bersih sebesar Rp 1,4 triliun pada hari ini.

IHSG hari ini 4) ditutup menguat 25,68 poin atau 0,4 persen ke posisi 6.507,22. Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 6,17 poin atau 0,6 persen menjadi 1.030,12.

Kendati demikian, Hendra Martono Liem mengingatkan agar investor tetap waspada terhadap aksi ambil untung ketika harga saham bergerak naik.

"Aksi profit taking tetap membayangi pergerakan pasar saham di saat harga sedang naik. Namun, hal itu wajar," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com