Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I Hadirkan Mudik Gratis dengan Bus dan Kapal Laut, Ini Informasinya

Kompas.com - 22/04/2019, 14:26 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim mudik segera datang, setidaknya dua bulan lagi para perantau akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman.

Berbagai tiket moda transportasi telah dijual, bahkan beberapa di antaranya telah ludes terjual. Ini mengingat banyaknya para perantau yang mencari tiket untuk kembali ke daerah asal.

Bagi Anda yang belum mendapatkan tiket, mungkin mudik gratis oleh PT Angkasa Pura (AP) I dapat menjadi pilihan.

Senior Corporate Communication Manager PT Angkasa Pura I Awaluddin mengatakan, akan ada dua moda transportasi mudik gratis kali ini, yaitu bus dan kapal laut Pelni.

Antusiasme masyarakat terhadap program ini termasuk tinggi, terlihat dari banyaknya masyarakat yang sudah mendaftar di hari pertama.

"Hingga Senin (22/4/2019) siang, kurang lebih terdapat 1.300 pendaftar," kata Awaluddin saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/4/2019) siang.

Baca juga: Jumlah Penumpang Angkutan Umum Saat Mudik Lebaran 2019 Diprediksi 22,83 Juta

Bus

Awaluddin menyampaikan, akan ada 2.520 kursi yang disediakan untuk moda transportasi bus.

Total kursi tersebut terbagi menjadi 63 bus AC dari Jakarta menuju Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Dalam perjalanan, pemudik mendapatkan fasilitas seperti makanan ringan, obat-obatan, kaos, cindera mata, dan asuransi jiwa.

Pendaftaran dilakukan secara online dan offline. Untuk pendaftaran online dimulai Selasa (22/4/2019) hingga Sabtu (4/5/2019), di mana masyarakat dapat mengakses situs mudikgratis.ap1.co.id.

Pendaftaran online dimulai dengan memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Lalu melengkapi data dan formulir yang tersedia. 

Sedangkan, untuk pendaftaran offline dapat dilakukan pada 6-17 Mei 2019 di Gedung Grha Angkasa Pura I, Kantor Pusat PT Angkasa Pura I, Kota Baru Kemayoran Blok B12 Kav 2 Jakarta Pusat.

Saat melakukan registrasi ulang, masyarakat diwajibkan membawa KK dan KTP (asli dan fotokopi). Registrasi ulang dilakukan di tempat yang sama untuk pendaftaran offline.

Satu bus dengan rute Jakarta-Semarang diberangkatkan pada 30 Mei 2019. Sementara, 62 bus lain akan berangkat pada 31 Mei 2019 dengan rute Jakarta ke Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Rute mudik moda transportasi bus sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com