Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Resmi Akuisisi Bank Royal

Kompas.com - 22/04/2019, 17:47 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akhirnya resmi mengungkap identitas bank yang diakuisisi.

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), BCA secara resmi telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat pada 16 April 2019 lalu.

BCA bersama dengan anak perusahaannya, yakni PT BCA Finance mengambil alih seluruh saham PT Bank Royal Indonesia (Bank Royal) sejumlah 2,872 juta lembar saham. Nilai transaksi tersebut maksimum sebesar Rp 1 triliun.

"BCA dan BCA Finance yang melakukan akuisisi seluruh saham Bank Royal," ujar Jan Hendra ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Dirut BCA Pastikan Proses Akuisisi Bank Rampung Juni 2019

Tujuan pembelian Bank Royal oleh BCA antara lain untuk mendukung program arsitektur perbankan Indonesia serta mengembangkan bisnis perbankan perseroan.

Di dalam keterbukaan tersebut dijelaskan, Bank Royal akan menjadi entitas terpisah di mana perusahaan bisa menawarkan diferensiasi produk dan layanan perbankan. Namun, tidak dijelaskan lebih rinci bentuk dari layanan dan produk tersebut.

"Informasi lebih detil akan ada pada rancangan akuisisi bersama," ujar Jan.

Penyelesaian rencana transaksi antara BCA dengan Bank Royal akan didasarkan pada persyaratan pendahuluan yang disepakati oleh pihak dalam perjanjian, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com