Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Bank Danamon Kuartal I-2019 Turun Hingga Rp 47 Miliar

Kompas.com - 23/04/2019, 18:12 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Tbk (Bank Danamon) mencatat perolehan laba bersih di kuartal I 2019 mencapai Rp 933 miliar. Jumlah tersebut lebih rendah dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya Rp 1,04 triliun.

CFO dan Direktur Bank Danamon Satinder Ahluwalia mengatakan, penurunan ini disebabkan oleh turunnya pendapatan bunga sekitar 2 persen dari tahun 2018 menjadi Rp 3,54 triliun pada kuartal I 2019.

"Penurunan ini disebabkan oleh turunnya pendapatan bunga sekitar 2 persen dari tahun 2018 menjadi Rp 3,54 triliun pada kuartal pertama tahun ini," kata Satinder Ahluwalia di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Di sisi lain, Bank Danamon membukukan pertumbuhan kredit sekitar 6 persen menjadi Rp 138 triliun di akhir kuartal I 2019.

Ahluwalia mengatakan, pertumbuhan kredit tersebut didukung oleh permintaan konsumen yang kuat di sejumlah segmen kunci, seperti consumer mortgage (KPR/KPA) dan pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance.

"Terkait kinerja, kredit yang kami salurkan terus tumbuh khususnya di sejumlah segmen bisnis, termasuk consumer mortgage, pembiayaan kendaraan bermotor, Enterprise Banking, dan perbankan UKM," ujar Satinder.

Untuk kredit consumer mortgage tumbuh 27 persen menjadi Rp 8,3 triliun. Sementara, kredit di segmen enterprise banking yang terdiri dari perbankan koorporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan naik 7 persen menjadi Rp 39,5 triliun.

Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance tumbuh 14 persen year on year (yoy) menjadi Rp 52,6 triliun pada kuartal I-2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com