Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pengendali Inflasi Sarankan Beli Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari

Kompas.com - 24/04/2019, 05:19 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan akan membahas persoalan harga tiket pesawat dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) jelang Ramadhan dan Lebaran 2019.

Hal ini dinilai perlu dilakukan untuk mengantipasi lonjakan harga tiket pesawat yang bisa berimbas kepada lonjakan inflasi tahun 2019. Hal ini disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo.

"Akan dibahas dalam rapat koordinasi bagaimana langkah antisipasinya," ujarnya dalam konferensi pers KSSK di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Perry mengimbau masyarakat untuk membeli tiket pesawat mudik Lebaran sejak jauh-jauh hari, dan tidak dadakan. Hal ini dinilai penting agar harga tiket yang dibeli tidak mahal.

Meski harga tiket pesawat pasti akan naik jelang Lebaran, namun BI yakin pemerintah dan pihak terkait akan mampu menjaga inflasi di bawah 3,5 persen pada 2019

Sebab, koordinasi tim pengendali inflasi sudah sangat solid. Misalnya saja dalam hal menjaga ketersediaan dan logistik pangan saat Ramadhan dan Lebaran.

"Sehingga harga pangan sangat rendah, sejumlah harga masih deflasi. Perlu disadari harga pangan dalam IHK itu 20 persen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com