Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog, "Upgrade" Gudang Dong!

Kompas.com - 25/04/2019, 18:09 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution meminta Bulog memperbaiki fasilitas gudang yang dimilikinya.

Menurut mantan Gubernur Bank Indonesia itu, perbaikan fasilitas gudang Bulog sangat penting untuk menjawab sejumlah persoalan pangan.

Misalnya persoalan beras, Darmin meminta Bulog menambah fasilitas pengering padi (dryer) agar lebih banyak membeli gabah petani, bukan membeli beras.

"Karena petani itu pada dasarnya tidak menghasilkan beras, tetapi gabah," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Jadi Lumbung Padi, Merauke Kembali Lepas Ekspor Beras ke Mancanegara

Darmin mengakui membangun gudang dengan fasilitas dryer tak bisa dilakukan cepat. Oleh karena itu ia menyarankan agar hal itu dilakukan secara bertahap.

Meski begitu, pemerintah mempersilakan Bulog untuk membuka opsi lain. Misalnya bekerja sama dengan perusahaan penggilingan kecil di setiap daerah yang terdapat gudang Bulog.

Selain itu, Darmin juga meminta agar Bulog memperbanyak fasilitas gudang yang mampu menyimpan bawang dan cabai hingg 6 bulan.

Darmin menilai, hal ini penting untuk menjawab persoalan musiman yakni lonjakan harga bawang dan cabai saat tidak musim panen.

Pemerintah juga mempersilahkan pihak swasta untuk ikut membangun gudang tersebut bila tertarik.

"Dengan begitu kita ke depan bisa menjawab jangan terlalu turunlah harganya waktu panan dan kemudian naik pasca panen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com