Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Pemerintah Bersiap Gelar Operasi Pasar

Kompas.com - 25/04/2019, 19:32 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan operasi pasar saat Ramadhan.

Operasi pasar tidak hanya dilakukan oleh pemerintah namun juga akan melibatkan berbagai pihak mulai dari pengelola pasar hingga produsen.

"Ini sudah kami siapkan juga dengan kerja sama dengan Kemendag," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

"Dengan PD Pasar Pasar dan produsen bahan pokok akan kami koordinir bersama-sama operasi pasar," sambung dia.

Baca juga: Jelang Puasa, Rencanakan Keuangan Anda dari Sekarang

Agung tidak menyebut pasti kapan waktu operasi pasar dilakukan. Namun ia mengatakan biasanya lonjakan harga pangan dan kebutuhan lainnya akan naik tinggi pada 7 hari jelang Lebaran.

Sejak April 2019, Agung mengatakan ada sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan harga yakni bawang merah dan cabai merah.

Namun beberapa hari ini sudah terlihat ada penurunan karena sudah memasuki musim penen.

Sedangkan harga pangan lainnya disebut relatif stabil. Oleh karena itu Agung menilai perlu ada upaya menjaga stabilitas harga pangan tersebut.

"Upaya yang akan kami lakukan adalah memantau harga harian dan melaksanakan operasi pasar bila mana diperlukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com