Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prioritaskan Karier Ketimbang Asmara saat Ada di 4 Kondisi Ini

Kompas.com - 26/04/2019, 12:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak pegawai, tanpa terkecuali generasi milenial, yang menekankan pentingnya keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional alias work-life balance. Ini termasuk pula kehidupan asmara di dalamnya.

Akan tetapi, menyeimbangkan antara karier dengan asmara kerap tak mudah. Apalagi, dalam kondisi-kondisi tertentu, Anda harus mengedepankan karier Anda ketimbang asmara.

Dilansir dari CNBC, Jumat (26/4/2019), berikut ini adalah 4 kondisi di mana Anda harus memprioritaskan karier Anda ketimbang kehidupan asmara yang selama ini dijalani.

Baca juga: Agar Peluang Karier Terbuka, Jangan Lakukan Ini saat Masih Kuliah

1. Karier Anda baru dimulai

Menciptakan kesan yang baik pada tahap awal karier Anda merupakan hal yang sangat penting. Ini khususnya bila Anda memang ingin menciptakan pertumbuhan karier secara serius.

Oleh sebab itu, ini berarti Anda harus rela lembur, bekerja di akhir pekan, melakukan perjalanan bisnis, hingga menghadiri acara jejaring usai jam kerja.

Jika memang ini keinginan Anda, berbicaralah pada pasangan. Dengan begitu, ia tahu apa yang diekspektasikan dan tidak kecewa bila Anda tak bisa menghabiskan banyak waktu dengannya.

Pastikan pada pasangan bahwa situasi ini bersifat sementara dan beritahu seberapa berartinya pekerjaan ini untuk Anda. Diskusikan cara untuk tetap berkomunikasi dengan baik.

Jadwalkan kencan secara rutin. Jika Anda suatu waktu harus terjaga hingga larut malam, Anda bisa melakukan video call setidaknya selama 30 menit.

Baca juga: Simak, 5 Kunci untuk Menumbuhkan Karier Anda

2. Karier Anda di ujung tanduk

Ketika Anda mengalami banyak situasi sulit di kantor, artinya karier Anda membutuhkan perhatian ekstra. Jika perusahaan Anda dalam kondisi sulit, majulah dan lakukan pekerjaan lebih banyak.

Namun demikian, jika Anda tak bahagia dengan pekerjaan saat ini, maka mulailah mencari dan mengejar kesempatan baru. Jika Anda merasa kinerja Anda belum memuaskan, bicaralah pada atasan dan bertanya bagaimana Anda bisa mendongkrak kinerja.

Dalam situasi demikian, bicaralah pada pasangan dan katakan padanya agar jangan khawatir. Jujur dan realistislah terkait seberapa banyak waktu yang bisa Anda habiskan bersamanya.

Baca juga: Miliki 3 Sikap Ini untuk Kemajuan Karier di Era Disrupsi

3. Anda mencintai karier, tapi Anda lajang dan menginginkan hubungan

Apabila Anda berada pada tahapan hidup di mana pekerjaan Anda menjadi prioritas, maka pasangan Anda harus sangat memahami kondisi ini. Namun, ini tergantung pada bagaimana Anda mengomunikasikan pesan ini dengan jelas.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com