Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabobank Tutup Operasi, Bagaimana Nasib Nasabahnya?

Kompas.com - 02/05/2019, 15:36 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mendengar keputusan PT Bank Rabobank International Indonesia yang akan menutup operasinya secara bertahap.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya menghormati keputusan Rabobank yang akan menghentikan operasinya di Indonesia

"Keputusan dari korporasi kita hargai kalau memang ada pasti dia karena alasan-alasan bisnis," ujarnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Lantas bagaimana nasib para nasabah Rabobank? Wimboh mengatakan, Rabobank harus mengikuti proses yang berlaku sampai menutup operasinya.

Baca juga: Rabobank Indonesia Hentikan Operasional

Salah satunya yakni memastikan bahwa penutupan operasi tersebut tidak akan menganggu para nasabahnya.

Rabobank kata Wimboh, harus memberikan jaminan kontinuitas nasabah untuk tetap bisa melakukan jasa perbankan.

Menurut Wimboh, ada bebarapa cara yang bisa dilakukan oleh Rabobank. Misalnya  memberikan opsi kepada nasabah untuk memindahkan rekeningnya kepada bank lain.

"Tetapi juga tinggal nagaimana kerja sama Rabobank dengan bank lain, bank mana yang bisa melakukan itu. Tetapi ini belum sampai kesitu. Ini hanya opsi-opsi yang harus disiapkan," kata dia.

"Di samping itu kami juga belum tahu detailnya kewajiban-kewajiban apa yang harus diselesaikan. Banyak hal yang harus kami bicarakan lebih detail," sambung Wimboh.

Sebelumnya, PT Bank Rabobank International Indonesia dalam suratnya kepada nasabah mengumumkan penghentian operasional Rabobank Indonesia atas wewenang pemegang saham pengendali.

Pihak manajemen mengatakan, hal tersebut telah dilaporkan oleh bank kepada pengawas yakni Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

Adapun penghentian operasional Rabobank akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, beberapa kantor cabang bakal ditutup.

Saat ini izin penutupan kantor cabang telah disampaikan pula ke OJK. Atas hal itu, Rabobank meminta para nasabah untuk menutup rekening di kantor cabang tempat pembukaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com