Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersaing dengan Fintech, Apa yang Harus Dilakukan BPR?

Kompas.com - 03/05/2019, 14:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjamurnya layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) tidak hanya menjadi risiko persaingan bagi bank umum, namun juga bank perkreditan rakyat (BPR). Dalam kondisi ini, BPR pun dituntut melakukan pembenahan.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ayahandayani mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, nasabah pun menuntut layanan yang lebih cepat dan bisa diakses kapan saja. Hal ini berdampak pula pada BPR.

"BPR mau tidak mau menghadapi tantangan yang luar biasa dengan perkembangan teknologi ini," kata Ayahandayani pada acara pelatihan wartawan OJK di Bandung, Jumat (3/5/2019).

Baca juga: Bulan Depan, OJK Bakal Terbitkan Aturan Merger BPR

Dia menuturkan, sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, banyak BPR yang mengandalkan hubungan baik dan cara pendekatan personal dalam menggaet nasabah. Meski cara tersebut masih relevan hingga kini, namun BPR pun harus mengandalkan teknologi.

"Harus diimbangi dengan penggunaan teknologi yang memadai. Harus ada inovasi dan harus mulai sadar akan teknologi informasi," sebut Ayahandayani.

Walaupun demikian, bukan hal yang mudah bagi BPR untuk memanfaatkan teknologi di tengah kondisi modal inti yang cenderung terbatas. Ayahandayani menuturkan, sebagian besar BPR memiliki modal di bawah Rp 15 miliar.

Menurut catatan OJK, sebanyak 1.300 BPR memiliki modal inti di bawah Rp 15 miliar. Selain itu, ada 722 BPR yang memiliki modal inti di bawah Rp 6 miliar.

"Kalau mau adopsi teknologi informasi, harus memikirkan beban biayanya," ucap dia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com