Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei BI: Optimisme Konsumen April 2019 Menguat

Kompas.com - 06/05/2019, 11:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada April 2019 menunjukkan bahwa optimisme konsumen menguat dibandingkan periode Maret 2019.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2019 sebesar 128,1 lebih tinggi 3,6 poin dibanding bulan Maret 2019 sebesar 124,5.

Menurut Bank Indonesia, optimisme yang meningkat ini didorong oleh dua faktor, yaitu menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan (IEK) dan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini (IKE).

"Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat sebesar 4,6 poin menjadi 144,8 poin. Peningkatan ini terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan mendatang," sebut BI dalam siaran pers, Senin (6/5/2019).

Baca juga: Badan Perlindungan Konsumen Nasional: 80 Persen Pelapor Adukan Masalah KPR

Selain itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) juga meningkat sebesar 2,5 poin menjadi 111,4 poin. Hal ini didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan keyakinan untuk membeli barang tahan lama.

Hasil survei juga memproyeksi perlambatan tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan mendatang hingga Juli 2019 menjadi 163,6 poin, lebih rendah dari bulan Maret sebesar 173,4 poin.

BI menyebut, penurunan tekanan kenaikan harga terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa seiring berlalunya periode Hari Raya Idul Fitri.

Tak hanya itu, BI juga memproyeksi penurunan tekanan kenaikan harga akan berlangsung hingga 6 bulan ke depan hingga bulan Oktober 2019 sebesar 155,8 poin, lebih rendah 158,3 poin di periode sebelumnya.

"Ini didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya distribusi barang. Secara spesial, penurunan tekanan harga ini akan dialami 9 kota, terdalam terjadi di Ambon -6,5 poin diikuti Denpasar -5,5 poin," sebut BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com