Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Cara untuk Menghilangkan Keraguan Anda di Tempat Kerja

Kompas.com - 10/05/2019, 08:03 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com  - Memiliki pikiran negatif akan suatu hal merupakan hal lumrah dalam kehidupan. Namun, kita juga dapat melatih pikiran kita untuk mengidentifikasi pikiran negatif itu dan membentuknya menjadi pikiran positif.

Pikiran negatif yang kerap terjadi dalam kehidupan salah satunya adalah keragu-raguan. Sifat keragu-raguan itu bisa saja muncul di dalam karier Anda.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (10/5/2019), hilangkanlah keraguan diri yang mungkin menghambat dalam karier Anda dengan lima langkah yang disarankan psikolog ini.

1. Praktik penilaian kognitif

Menurut Elizabeth Bernstein di Wall Street Journal, penilaian kognitif mengubah pikiran dan dan tindakan Anda. Ketika Anda berlatih penilaian kognitif, Anda mengenali pikiran negatif yang Anda miliki tentang tindakan di tempat kerja dan secara sadar mengubah pikiran itu menjadi lebih positif.

Misalnya, alih-alih melihat diri Anda sebagai sebuah kegagalan setelah melakukan kesalahan, Anda akan melihat kesalahan ini sebagai kesempatan belajar untuk meningkatkan pekerjaan Anda di masa depan.

Baca juga: Kartu Nama hingga Jabat Tangan, 5 Etiket di Kantor yang Terlupakan

2. Uraikan pikiran Anda

Dan, menurut Bernstein, untuk mempraktikkan penilaian kognitif, Anda harus menuliskan pemikiran yang Anda miliki. Penilaian kognitif dapat dipelajari dan salah satu cara untuk menjadikan ini kebiasaan adalah dengan mengidentifikasi pikiran apa yang Anda miliki dan apa yang mungkin memicu pikiran-pikiran ini.

“Bos saya datang untuk berbicara dengan saya, dan saya mulai khawatir dia membenci pekerjaan saya dan saya pecundang,” ungkapnya.

Kemudian, luangkan waktu untuk benar-benar berpikir apakah pikiran Anda adalah fakta atau tidak. Jika pikiran negatif itu adalah opini negatif Anda sendiri, berusahalah untuk melihatnya dari sudut pandang berbeda.

Mungkin tidak ada bukti bahwa Anda pecundang (karena Anda bukan pecundang!).

Baca juga: Anda Harus Lakukan Ini jika Membuat Kesalahan di Tempat Kerja

3. Jangan menyerah

Seperti Bernstein katakan sebelumnya, penilaian kognitif dapat dipelajari. Jadi jika itu tidak datang secara alami kepada Anda, jangan menyerah! Terus berlatih.

Terus menuliskan pikiran Anda, dan terus mengubahnya menjadi positif. Tujuannya bukan untuk menjadi egois atau meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak membuat kesalahan sama sekali - tujuan utama ini adalah untuk membawa pikiran Anda sendiri kembali ke kenyataan.

Ya, Anda telah melakukan kesalahan, tetapi tidak, Anda bukan karyawan terburuk dalam sejarah perusahaan. Anda dapat terus meningkatkan kemampuan dan mencapai tempat yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com