Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bisnis yang Banyak Diburu Konsumen Anak Muda

Kompas.com - 12/05/2019, 10:33 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun belakangan ini, generasi milenial (Y) menyita banyak perhatian, termasuk para pebisnis sekalipun. Bukan hanya terbatas pada generasi milenial saja, kini sudah mulai memasuki era generasi Z.

Generasi ini dianggap memiliki karakter yang unik dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya, di mana hal ini jelas akan sangat memengaruhi perilaku sehari-hari mereka. Bukan hanya dalam bekerja, tapi juga dalam membelanjakan uangnya terbilang unik.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis yang menyasar generasi muda ini, maka pastikan memahami dengan baik berbagai karakter mereka sejak awal.

Tak Semua Produk Bisa Menarik Perhatian

Tidak semua bisnis menarik bagi generasi muda ini, mengingat mereka memiliki sudat pandang tersendiri soal berberlanja. Jika generasi lain hanya fokus pada berbagai produk yang mereka butuhkan, maka generasi muda ini justru menunjukkan perhatian lainnya.

Selain produk, mereka juga mencermati beragam dampak dan juga kebaikan atas pembelian yang akan mereka lakukan. Hal ini tentu menjadi perhatian penting bagi Anda serta pelaku bisnis lainnya, mengingat genarasi muda ini merupakan salah satu kelompok konsumen yang aktif dan sangat menjanjikan.

Jika Anda bisa mendapatkan kelompok konsumen ini, maka bisnis Anda tentu bisa berjalan lancar dan mendapatkan angka penjualan yang maksimal. Lalu, bisnis apa sebenarnya yang menarik dan bisa mendatangkan konsumen anak muda?

Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa jadi pilihan dan menguntungkan karena banyak diburu konsumen anak muda seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Industri Kreatif

Tentu bukan rahasia lagi jika kaum milenial dan Z merupakan generasi yang tergantung internet seiring dengan perkembangan dunia teknologi di Indonesia. Generasi ini identik dengan pertumbuhan industri kreatif yang selama beberapa tahun belakangan justru semakin berkembang dengan pesat.

Mereka tertarik dengan berbagai jenis bisnis yang mandiri dan kreatif, bahkan meski industri ini baru tumbuh dalam skala yang kecil sekalipun. Bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis dengan menyasar konsumen anak muda, maka memilih industri kreatif dengan basis teknologi digital bisa menjadi pertimbangan.

2. Bisnis Berbasis Sosial

Siapa bilang generasi Y dan Z merupakan generasi yang cuek dan tidak memiliki tingkat kepedulian yang tinggi? Generasi ini memang unik, termasuk pola pikir mereka terhadap berbagai masalah sosial yang ada di sekitarnya.

Mereka memiliki ketertarikan terhadap berbagai isu terkini di tengah-tengah masyarakat luas, termasuk yang berbau sosial. Generasi milenial tertarik dengan perusahaan yang aktif di bidang sosial masyarakat dan memiliki agenda tertentu terkait dengan hal itu.

Mereka peduli dan tertarik dengan berbagai aktifitas bisnis yang melibatkan serta memberdayakan orang-orang dengan keterbatasan fisik. Hal ini tentu cukup menarik, bahkan beberapa pebisnis menjadikannya sebagai salah satu langkah untuk mencapai generasi muda sebagai konsumen bisnisnya.

Anda bisa mencoba untuk memberdayakan mereka yang memiliki keterbatasan fisik, selama hal tersebut tidak menyalahi aturan dan juga menyulitkan bagi pekerja-pekerja itu.

Hal ini mungkin akan membutuhkan koordinasi yang sedikit rumit, di mana Anda perlu menghubungi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk memberdayakan orang-orang yang istimewa seperti ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com