Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Uang Palsu, BI Imbau Masyarakat Tukar Uang di Outlet Resmi

Kompas.com - 17/05/2019, 15:37 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin mendekati hari Lebaran, penyedia jasa uang baru semakin marak di pinggir-pinggir jalan. Bank Indonesia pun mengimbau agar masyarakat tidak menukarkan uang baru di outlet-outlet tak resmi tersebut.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan, dengan menukarkan uang di outlet-outlet tak resmi, ada risiko kebobolan mendapat uang palsu.

"Supaya masyarakat menukar di tempat penukaran resmi. Jangan di pinggir jalan, penjual uang," ujar Rosmaya di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Tips Terhindar dari Uang Palsu Jelang Lebaran

Untuk mengantisipasi hal tersebut BI pun menambah titik-titik lokasi penukaran uang baru dari tahun lalu sebanyak 1776 titik menjadi 2.941 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Titik penukaran uang kami perbanyak. Kami ingin menghapuskan kegiatan-kegiatan orang tidak bertanggung jawab dengan adanya buang palsu," ujar dia.

Selain itu, Rosmaya juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan memerhatikan ciri-ciri keaslian rupiah, juga menjaga agar uang rupiah selalu dalam keadaan yang baik.

"Selain ada 3D (dilihat, diraba, diterawang) kita juga ada 5J untuk merawat rupiah, yaitu jangan dicoret, jangan disteples, jangan dilipat, dan jangan dibahasin," demikian Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com