Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Ma akan Kembali Mengajar Usai Pensiun pada September 2019

Kompas.com - 19/05/2019, 08:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Pendiri dan pimpinan eksekutif Alibaba Jack Ma menyatakan dirinya bakal segera pensiun. Setelah itu, Ma akan kembali ke karier asalnya, yakni mengajar.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (19/5/2019), Ma mengumumkan keputusan kariernya tersebut pada acara Viva Tech Conference di Paris beberapa hari lalu. Ia mengaku bakal kembali mengajar setelah purnabakti pada September 2019.

Orang terkaya di China tersebut mengungkapkan bahwa ia akan secara resmi turun dari jabatannya pada 10 September 2019 mendatang. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari jadi Alibaba yang ke-20.

Baca juga: Jack Ma Minta Karyawan Alibaba Kerja 12 Jam Sehari

Ma, mantan guru bahasa Inggris berusia 54 tahun tersebut mengatakan, dirinya memilih kembali mengajar lantaran mencintai profesi awalnya itu.

Ia juga menambahkan bahwa ia ingin menggunakan uang yang diperolehnya dari Alibaba untuk memperbaiki dan mengubah sistem pendidikan di China, ketimbang menyerahkannya ke investor maupun bank.

Ma pun merasa dirinya masih muda. Tidak hanya itu, ia mengungkapkan ingin berkecimpung di dunia pendidikan hingga 15 tahun lagi.

Baca juga: Menurut Jack Ma, Pekerjaan Pertama Anda Sangat Penting, Ini Sebabnya

Pada September 2018 lalu, Ma mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun pada 2019. Ia juga mengumumkan posisinya akan digantikan oleh CEO Alibaba Daniel Zhang.

Kepada para investor, Ma mengatakan dirinya hanya akan pensiun ketika Alibaba dalam kondisi baik. Ia juga ingin posisinya digantikan oleh orang yang lebih baik dari dirinya.

Menurut data Forbes, Ma merupakan orang terkaya di China. Kekayaan Ma tercatat mencapai 34,6 miliar dollar AS atau setara hampir Rp 500 triliun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com