Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Via Kapal Laut Meningkat, Menhub Minta Tingkatkan Aspek Keselamatan

Kompas.com - 21/05/2019, 09:49 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemudik yang menggunakan kapal lait pada Lebaran 2019 ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Tahun lalu, jumlah penumpang kapal pada musim mudik Lebaran mencapai 1,8 juta orang. Sedangkan di tahun ini, diperkirakan penumpang kapal akan bertambah menjadi 1,9 juta orang.

Atas dasar itu, Budi meminta pengelola pelabuhan dan operator harus meningkatkan lagi pelayanannya. Terutama dalam aspek keselamatan.

"Segala sesuatu ini yang paling diutamakan adalah keselamatan. Untuk keselamatan kita telah mempersiapkan semua peralatan dengan baik, memperkirakan cuaca, dari BMKG memberikan rekomendasi bagi kita dan kita menjalani dengan tertib sesuai dengan peraturan yang ada. Semoga apa yang kita laksanakan bisa memberikan layanan yang baik,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/5/2019) malam.

Baca juga: Jasa Marga: GT Cikampek Utama Rampung Sebelum Puncak Mudik

Budi mencontohkan untuk di Makassar, masyarakat yang menggunakan kapal laut untuk mudik lebaran ada sekitar 31.000 orang. Sedangkan di Balikpapan, diperkirakan ada lebih dari 10.000 yang menggunakan kapal laut.

Peningkatan itu juga terjadi di Kumai, Sampit dan Jakarta. Oleh karenanya, busi meminta penyelenggaraan mudik dengan kapal laut harus dioptimalkan lebih baik lagi.

"Oleh karenanya kita akan berikan kemudahan-kemudahan bagi penyelenggara agar kapasitasnya bisa dilaksanakan dengan lebih optimal dan kami akan lakukan survei dan inspeksi, jadi hari Minggu kita akan ke beberapa tempat untuk memastikan di daerah itu mempersiapkan dengan baik,” kata Budi.

Selain itu, masyarakat yang mengikuti program mudik gratis meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Tahun ini Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut, yang melayani trayek Jakarta Semarang PP, yang saat ini kuotanya telah terpenuhi 100 persen.

"Tahun ini memang ada suatu hal yang menarik bahwa mudik gratis yang akan kita buat di sini bertambah relatif 2 kali lipat, itu kurang lebih 22.000 orang (orang dan juga berikut motor-motornya). Selain itu kita tambahkan juga mudik yang ke Panjang, Lampung, juga gratis, kita upayakan bisa menampung 10.000 orang,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com