Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Jalan Tol yang Masih Gratis Dilalui saat Mudik

Kompas.com - 21/05/2019, 13:58 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah punya rencana mudik melalui jalan tol?

Isilah uang elektronik Anda dengan cukup, karena setiap ruas jalan tol punya tarif yang beragam.

Meski begitu, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) mengungkapan, ada sejumlah ruas tol yang masih gratis. Ruas tol ini terdapat di beberapa lokasi di Pulau Jawa.

"Untuk beberapa tarif tol yang belum dikenakan tarif saat mudik Lebaran ini yakni untuk ruas tol dari Pasuruan ke Probolinggo dan Pandaan ke Malang," ujar Anggota BPJT Agita Wijayanto di  Jakarta, Senin (20/5/2019).

Baca juga: Saldo Uang Elektronik Habis Saat Mudik, Bisa Top Up di Gerbang Tol

Selain dua ruas tol itu, Agita juga mengatakan ada ruas tol lain yang gratis. Namun, ruas tol ini merupakan ruas tol yang dioperasikan secara fungsional.

Artinya, ruas tol ini belum diresmikan atau dioperasikan sebelumnya. Ada sejumlah jalan tol yang akan dioperasikan secara fungsional saat periode mudik 2019.

Di Jawa, ruas tol fungsional yakni Singosari sampai ke Pakis. Sementara di Sumatera, ruas tol fungsional yang akan dioperasikan yakni Tol Terbanggi Besar hingga Betung.

"Ada yang bisa 24 jam dioperasikan meskipun fungsional, tetapi untuk yang tahap kontruksi ini kita batasi hanya siang hari. Karena kalau malam penerangan belum ada, beresiko bagi pengguna jalan," kata dia.

Baca juga: Kehadiran Jalan Tol Pengaruhi Jumlah Permintaan Tiket Pesawat

Tarif tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo mencapai Rp 771.000. Sementara itu, tarif dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar mencapai Rp 112.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com