Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen ESDM Cek Kesiapan Pasokan Listrik Jelang Lebaran

Kompas.com - 23/05/2019, 11:14 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengunjungi Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIPZB) Gandul, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019).

Kunjungan Archandra ini dilakukan untuk memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan jelang Iebaran.

"Kesiapan pasokan listrik sangat penting, agar masyarakat bisa menikmati Iebaran bersama keluarga dengan nyaman dan terang. Untuk itu kami pastikan kehandalan dan ketersediaan suplai listrik selama Iebaran dalam kondisi cukup,” ujar Archandra di lokasi.

Archandra meminta PLN untuk memastikan pasokan listrik selama lebaran aman.

"Semoga tidak ada hal yang tidak diinginkan selama lebaran tahun ini," kata Archandra.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin mengatakan, pada saat Idul Fitri pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi normal.

"Karena banyaknya industri dan perkantoran yang libur, biasanya memang beban puncak menurun, namun kami akan tetap pastikan suplai dan keandalan tetap terjaga," kata Amir.

Meski konsumsi menurun, PLN akan menyiapkan satuan tugas distribusi yang tersebar di seluruh wilayah. Hal ini untuk menjamin pasokan listrik dan antisipasi gangguan jaringan selama Ramadhan hingga lebaran nanti.

"PLN telah menetapkan masa siaga Lebaran dari H-15 sampai dengan H+15 dengan membentuk Posko Lebaran yang beroperasi 24 jam. Meski kebutuhan pasokan listrik saat Lebaran menurun, kehandalan sistem harus dijaga," ujar Amir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com