Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siapkan Rp 300 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Kompas.com - 25/05/2019, 04:13 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia telah mempersiapkan kebutuhan keuangan untuk Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang diperkirakan mencapai Rp 217 triliun.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, persiapan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tersebut sudah lebih dari cukup baik di pusat maupun daerah.

"Stok kami hampir Rp 300 triliun sementara kebutuhan Lebaran sekitar Rp 217 triliun. Ini sudah lebih dari cukup untuk pusat dan daerah," kata Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Perry menyebutkan, pihaknya juga selalu bekerja sama dengan perbankan untuk meningkatkan pelayanan agar semua kebutuhan terpenuhi.

Baca juga: Catat, Tarif Tol Diskon 15 Persen Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Sebelumnya, untuk meningkatkan pelayanan agar kebutuhan Lebaran terpenuhi, Bank Indonesia dan perbankan lainnya telah menyediakan layanan kas keliling dan penukaran uang yang kerap kali dibutuhkan saat Hari Raya.

Layanan kas keliling dan penukaran uang akan dibuka hingga Rabu depan (29/5/2019). BI pun telah menyiapkan layanan penukaran uang pecahan di 2.941 titik termasuk di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Namun, akibat aksi 22 Mei layanan kas keliling masih belum beroperasi lagi sejak Rabu (22/5/2019). Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko baru-baru ini mengungkapkan, layanan kas keliling dan penukaran uang di luar seperti di Museum BI dan Lapangan IRTI Monas untuk sementara masih dihentikan hingga ada perkembangan lebih lanjut.

Baca juga: Libur Lebaran, BI Tutup Operasional pada 3-7 Juni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com