Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Samudera Shipping Tebar Dividen Rp 7 Per Saham

Kompas.com - 27/05/2019, 12:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) menyetujui pembagian dividen kepada para pemegang saham. Dividen yang dibagikan sebesar Rp 7 per lembar saham.

"Pemegang saham telah menyetujui keputusan penting untuk pembagian dividen tunai dari penggunaan laba bersih tahun buku 2018," kata Sekretaris Perusahaan Pelita Samudera Shipping Imelda Agustina Kiagoes dalam pernyataannya, Senin (27/5/2019).

Dividen tunai sebesar Rp 7 per saham akan dibagikan tanggal 27 Juni 2019. Pembagian dividen ini adalah yang kedua dari tahun buku 2018 setelah distribusi dividen interim sebesar Rp 5 per saham yang telah dilaksanakan tanggal 30 November 2018.

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Tuntaskan Pembelian 1 Kapal Baru

Total dividen sebesar Rp 12 per saham mencerminkan 30 persen dari laba bersih 2018 atau sebesar 4,2 juta dollar AS. Adapun sebesar 708.800 dollar AS atau 5 persen dari laba bersih disisihkan untuk dana cadangan Perseroan dan 9,1 juta dollar AS atau 65 persen dicatat sebagai laba ditahan.

"Secara total, pembayaran dividen ini adalah yang ketiga sejak perseroan mencatatkan saham perdananya di Desember 2017," jelas Imelda.

Perubahan susunan Dewan Komisaris disetujui dengan penunjukkan Komisaris Independen Lilis Halim untuk menggantikan Adi Harsono dengan perubahan status dari Independen Komisaris menjadi Komisaris. Lilis saat ini menjabat sebagai Komisaris dan Advisor di Tower Watson.

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Raup Kenaikan Pendapatan 9 Persen

RUPS juga menyetujui fasilitas pinjaman jangka pendek sebesar 10 juta dollar AS dengan tenor 1 tahun.
Pinjaman ini adalah fasilitas tambahan plafon pinjaman tanpa agunan dari Citibank yang sebelumnya telah disetujui sebesar 10 juta dollar AS, menjadi total 20 juta dollar AS.

Pinjaman jangka pendek ini salah satunya akan digunakan untuk pendanaan pembelian armada kapal kargo MV, sebagai bagian dari ekspansi armada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com