Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Biaya Transfer Antar-Bank Bisa Turun

Kompas.com - 27/05/2019, 21:48 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) sedang mengembangkan fast payment atau BI Fast untuk membantu pengembangan sistem pembayaran.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta mengatakan, BI Fast akan membuat transaksi perbankan kian efisien.

"Apakah nantinya itu akan lebih murah? ya pastinya, karena kalau kita membuat segala sesuatu itu kan untuk menjadi lebih baik," ujarnya di Kantor BI, Jakarta, Senin (27/5/2019).

"Juga agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah. Pokoknya lebih-lebih bagus gitu ya. Kalau enggak ya buat apa kita bikin," sambung dia.

Sebelum sampai ke BI Fast, BI sudah terlebih dahulu menyediakan jalur sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang bersifat terbatas.

SKNBI ini kata Filianingsih merupakan jembatan menuju BI Fast sehingga nantinya biaya transfer akan menjadi lebih murah.

"Nanti biaya transfernya akan turun dari maksimal Rp 6.500 menjadi turun Rp 3.500," kata dia.

Sebagai awal, BI meluncurkan standarisasi QR Code Indonesia Standard (QRIS). Ini merupakan upaya BI membuat kolaborasi perbankan dan perusahaan teknologi finansial (Fintech) semakin erat.

Hadirnya QRIS tersebut memungkinkan pembayaran melalui QR akan terinterkoneksi dengan menggunakan satu standar QR Code.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com