Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inpex Sepakat Tanam 20 Miliar Dollar AS di Blok Masela

Kompas.com - 27/05/2019, 22:07 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan Inpex Corporation menyepakati sejumlah hal terkait pengembangan blok kaya migas di Maluku, Blok Masela.

Hal ini menyusul pertemuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Senin (27/5/2019).

"Akhirnya INPEX dan SKK Migas sepakat atas pokok-pokok pengembangan blok Masela sore ini di Tokyo," ujar Jonan dalam siaran pers, Jakarta, Senin.

"Pembahasan telah berlangsung sejak 18 tahun yang lalu loh. Nilai investasi antara 18-20 Miliar dollar AS dengan pembagian yang fair bagi Negara RI dan kontraktor. Saya sampai terharu," ucap dia.

Nilai investasi pengembangan Blok Masela akan mencapai sekitar 20 miliar dollar AS. Kedua pihak mencapai win-win solution dengan skema bagi hasil, pemerintah sekurangnya mendapat bagian 50 persen.

Adapun penandatanganan perjanjian antara Pemerintah Indonesia dan Inpex Corporation, akan dilaksanakan pada pertemuan negara-negara G20 di Jepang dalam waktu dekat.

Dengan demikian maka pembahasan tentang Blok Masela yang sudah berlangsung lebih 20 tahun telah menemukan titik akhir.

Diharapkan hal ini akan memberi dampak positif bagi peningkatan iklim investasi nasional serta pembangunan kawasan Timur Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com