Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Buktikan, Perempuan Lebih Pintar Kelola Uang Ketimbang Laki-laki

Kompas.com - 29/05/2019, 09:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mirror

LONDON, KOMPAS.com - Studi membuktikan, perempuan lebih pintar dalam mengelola keuangan ketimbang laki-laki. Para peneliti menemukan bahwa perempuan lebih bertanggung jawab secara finansial dibandingkan lawan jenisnya.

Dilansir dari Mirror, Rabu (29/5/2019), menurut laporan tersebut, perempuan cenderung lebih mengetahui berapa banyak uang yang dimilikinya, termasuk di dalam tabungan.

Ditemukan pula bahwa pria cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk belanja impulsif ketimbang wanita. Di sisi lain, perempuan cenderung memasang anggaran dan mematuhinya ketimbang laki-laki.

Baca juga: 4 Pertanyaan Besar Milenial soal Mengelola Uang

"Pengelolaan keuangan sangatlah penting. Studi ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak orang mengetahui keuangan dan perilaku belanja mereka, serta bagaimana langkah yang telah dilakukan untuk menginvestasikan penghasilan guna meningkatkan kekayaan," kata Iqbal V Gandham, direktur pelaksana eToro, yang menggelar studi tersebut.

Meskipun perempuan dipandang sebagai pengelola keuangan yang baik, namun mereka juga memandang diri mereka impulsif ketika belanja. Akan tetapi, mereka mengeluarkan lebih sedikit uang ketika belanja impulsif.

Terkait investasi, di Inggris saja, 47 persen responden mengaku telah berinvestasi di saham. Sementara itu, 31 persen menginvestasikan uang di obligasi.

Baca juga: 7 Kesalahan Mengelola Uang Yang Tidak Pernah Dilakukan Miliarder

Sebanyak 28 persen mempertimbangkan investasi di saham, namun belum melakukannya. Satu dari empat orang responden mengaku kenal seseorang yang memiliki saham.

Di antara mereka yang belum berinvestasi saham, 28 persen merasa tidak punya cukup uang untuk diinvestasikan.

"Riset ini menunjukkan berapa banyak di antara kita yang masih senang menyimpan uang di bank, ketika mengetahui sebenarnya uang bisa bekerja lebih banyak untuk kita," terang Gandham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com