Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura, Negara dengan Daya Saing Nomor 1 Dunia

Kompas.com - 29/05/2019, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LAUSANNE, KOMPAS.com - Singapura didapuk menjadi negara dengan daya saing terbaik di dunia untuk pertama kalinya sejakn tahun 2010. Ini berdasarkan pemeringkatan bertajuk IDM World Competitiveness Rankings.

Singapura berhasil menggeser posisi Amerika Serikat (AS) yang kini harus puas berada di peringkat 3. Adapun berada pada peringkat 2 adalah Hong Kong.

Dalam laporan resminya, Rabu (29/5/2019), IDM menyatakan kenaikan daya saing Singapura didorong majunta infrastruktur teknologi negara tersebut, ketersediaan tenaga kerja ahli, aturan imigrasi yang tidak menyulitkan, serta upaya-upaya efisien untuk mendirikan usaha.

Baca juga: Naik Signifikan, Daya Saing Indonesia di Posisi 32 Dunia

"Di tahun yang penuh ketidakpastian di pasar global karena pesatnya perubahan dalam lanskap politik internasional dan hubungan perdagangan, kualitas institusi tampaknya menjadi elemen dalam peningkatan kemakmuran. Kerangka kerja institusional yang kuat memberikan stabilitas bagi bisnis untuk berinvestasi dan berinovasi, memastikan kualitas hidup yang lebih tinggi bagi warganya," kata Arturo Bris, profesor IMD dan direktur IMD World Competitiveness Center.

Para ekonom memandang daya saing sebagai hal penting untuk menjaga kesehatan ekonomi suatu negara dalam jangka panjang. Sebab, daya saing dapat mendukung kalangan bisnis mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

IMD menyusun peringkat daya saing berdasarkan 4 kategori, yakni kinerja ekonomi, infrastruktur, efisiensi pemerintah, dan efisiensi dalam berusaha.

Baca juga: Indonesia di Posisi 25 Daya Saing Ketertarikan Investasi Migas

Berikut ini adalah 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia versi IDM.

  1. Singapura
  2. Hong Kong
  3. Amerika Serikat
  4. Swiss
  5. Uni Emirat Arab (UEA)
  6. Belanda
  7. Irlandia
  8. Denmark
  9. Swedia
  10. Qatar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com