Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Go-Jek Sebut Tak Cuma Andalkan Transportasi Online agar Untung

Kompas.com - 30/05/2019, 13:50 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Go-Jek Nadiem Makarim menyatakan, startup Indonesia tak perlu mendirikan bisnis transportasi online untuk bisa menghasilkan uang.

Go-Jek sendiri, selain mengandalkan ride hailing, juga mengembangkan bisnis pengantaran makanan yang kontribusinya signifikan bagi pendapatan mereka.

"Aset paling kuat dari Go-Jek adalah bahwa kita tidak perlu ride-hailing roda empat untuk meraup untung," ujar Nadiem sebagaimana dikutip dari Nikkei Asian Review, Kamis (30/5/2019).

Ride-hailling merupakan konsep bisnis transportasi berbasis digital dengan rasa kendaraan pribadi, di mana hanya ada Anda dan pengemudi dalam satu kendaraan. Berbeda dengan ride sharing, Anda juga bisa menentukan sendiri rute yang akan dilewati.

Baca juga: Apresiasi Pengemudi, Go-Jek Luncurkan Kampanye Traktir Driver

Nadiem menambahkan, ride hailing hanya mewakili kurang dari seperempat total nilai transaksi bruto Go-Jek.

"Dari makanan (Go-Food) lebih besar dan pembayarannya bahkan lebih besar," lanjut dia.

Nampaknya Go-Jek belajar dari kegagalan Uber yang terus merugi dari tahun ke tahun dengan hanya mengandalkan jasa ride hailing. Nadiem mengatakan, pihaknya membangun bisnis dengan asumsi ride hailing hanya pada titik impas, di mana tidak memperoleh keuntungan maupun tidak merugi.

Jadi, bahkan saat Go-Jek mendapat profit dalam ride hailing diistilahkan sebagai skenario yang optimistis.

Baca juga: Ini Jurus Nadiem Makarim supaya Go-Jek Terus Menang

Pernyataan tersebut muncul di tengah rasa skeptis yang berkembang atas model ride hailing menyusul penawaran umum perdana Uber bulan ini. Kemunculan startup Silicon Valley sebagai pelopor bisnis transportasi berbasis aplikasi itu lantas membuatnya menjadi perusahaan teknologi swasta terbesar di dunia.

Namun, sahamnya anjlok dalam debut pasar setelah mengungkapkan kerugian besar. Hal ini menimbulkan pertanyaan atas penilaian tinggi terhadap unicorn ride hailing di tempat lain.

Sementara itu, Go-Jek dipandang sebagai bagian dari gelombang bisnis seperti Uber ketika meluncurkan aplikasi ojek online pada Januari 2015. Namun, Nadiem menegaskan bahwa Go-Jek berbeda dengan perusahaan serupa.

Baca juga: Go-Jek Sudah Decacorn, Kapan Traveloka dan Bukalapak Menyusul?

Ia mengatakan, ride hailing merupakan komponen penting bagi bisnis Go-Jek karena layanan yang paling sering digunakan untuk menarik pengguna ke aplikasi. Di samping itu, layanan tersebut juga menjadi sumber pendapatan konstan untuk 2 juta mitra pengemudinya.

Nadiem menolak membeberkan target waktu untuk memperoleh keuntungan, yang mana menunjukkan hal tersebut akan menjadi tujuan jangka panjang.

"Go-Jek bermaksud untuk menginvestasikan kembali semuanya ke dalam pertumbuhan untuk merebut pangsa pasar untuk saat ini," kata Nadiem.

Baca juga: Grab Sebut Ingin 4 Kali Lipat Lebih Besar dari Go-Jek

Diketahui, saat ini Go-Jek dihadapkan dengan perusahaan aplikasi transportasi berbasis di Singapura, Grab. Diketahui, keduanya memiliki layanaan yang nyaris sama, mulai dari ride hailing, layanan pesan antar makanan, jasa pengiriman barang, dan menjadi platform pembayaran.

Go-Jek didukung oleh investor yang kuat termasuk Google, grup internet China Tencent Holdings dan perusahaan ekuitas swasta AS KKR. Nilainyanyang mencapai 10 miliar dollar AS membuatnya disebut decacorn.

Nadiem menambahkan, Google telah menginvestasikan 500 juta dollar AS di Go-Jek, yang mana menjadi mitra terbesar mereka di Asia Tenggara. Pertanyaan selanjutnya adalah, ke depannya, apakah Go-Jek dapat mereplikasi pertumbuhannya yang cepat di luar negeri tanpa kehilangan kekuatan di negara asalnya.

Diketahui, baru-baru ini layanan Go-Jek diperluas ke Vietnam, Singapura, dan Thailand. Sementara Grab berinvestasi besar-besaran di Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com