Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Tiket Pesawat Rp 21 Juta, Ini Kata Traveloka

Kompas.com - 31/05/2019, 14:15 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Traveloka, marketplace travelling online mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan betul tiket pesawat yang dibeli. Sebab, masih banyak yang belum memahami betul bahwa mahalnya tiket pesawat dari Bandung ke Medan yang viral belakangan ini karena untuk kelas bisnis. Harganya jelas sangat berbeda dengan kelas ekonomi.

Di saat yang sama, tiket pesawat ekonomi ludes terjual sehingga yang tampil di aplikasi marketplace hanya yang tersedia saja.

"Selain harga tersebut adalah harga kelas bisnis yang tentu saja jauh lebih mahal dibanding harga kelas ekonomi, yang pada saat viral kemarin sudah habis," ujar Direktur Public Relations Traveloka Sufintri Rahayu dalam keterangan tertulis, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Harga Tiket Rp 21 Juta, Menhub Akan Tegur Garuda dan Traveloka

Sufintiri mengatakan, masyarakat harus jeli sebelum membeli tiket agar sesuai kebutuhan. Masyarakat bisa mengatur kelas pesawat yang akan dinaiki di aplikasi tersebut.

Di Traveloka, misalnya, sudah ada filter untuk menyaring pencariannyang diinginkan saja, seperti kelas penerbangan, pilihan transit atau tidak, bahkan mengurutkan dari harga termurah.

Berikut cara melakukan filter daftar maskapai :

1. Setelah menentukan tujuan, tanggal bepergian, dan kelas penerbangan, halaman akan menampilkan hasil pencarian. Lalu, pilih menu filter.

2. Pada bagian ‘Transit’, pilih menu ‘Langsung’, untuk hanya menampilkan penerbangan langsung.

3. Klik ‘Pilih Penerbangan’

4. Laman akan menampilkan hasil pencarian daftar maskapai dengan penerbangan langsung

"Pengguna juga kami imbau untuk memastikan bahwa kelas penerbangan yang dicari sesuai dengan keinginan. Misal, jika ingin mencari kelas ekonomi, maka pada laman awal pencarian dapat memilih kelas ekonomi," kata Sufintri.

Sufintri mengatakan, harga dan ketersediaan stok tiket sifatnya dapat terus berubah secara real-time. Oleh karena itu, pengguna aplikasi disarankan untuk rajin-rajin mengecek ketersediaan tiket. Pengguna juga bisa mengatur fitur Price Alert yang tersedia di Traveloka, terutama di saat-saat peak season seperti saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com