Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepada Wisudawan Harvard, Miliarder Ini Sebut Uang Tidak Penting

Kompas.com - 01/06/2019, 07:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber theladders

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder dan mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg memberikan pidato pada acara wisuda Harvard University Business School. Dalam pidatonya, Bloomberg memberikan pandangannya soal uang.

Menurut Bloomberg, uang bukanlah hal yang penting bagi mereka yang baru lulus kuliah. Mengapa demikian?

Dilansir dari Ladders, Sabtu (1/6/2019), Bloomberg menegaskan para lulusan baru harus melupakan soal gaji ketika memikirkan tentang pekerjaan pertama mereka. Jangan jadikan gaji tinggi sebagai prioritas ketika melamar pekerjaan pertama.

Baca juga: Baru Lulus Kuliah? Simak Tiga Hal Ini agar Cepat Dapat Kerja

Bloomberg pun menyarankan kepada para wisudawan untuk mengejar kebahagiaan ketimbang uang ketika mereka mencari pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.

"Benar deh, ketika kalian memperoleh tawaran pekerjaan, pesan saya untuk kalian adalah ketika kemudian kalian mempertimbangkan perubahan karier, jangan pertimbangkan gaji," sebut Bloomberg.

Konglomerat media tersebut menuturkan, buatlah keputusan terkait pekerjaan berdasarkan kepada kualitas kesempatan yang dapat Anda peroleh. Selain itu, buat keputusan karier terhadap pekerjaan yang menurut Anda paling menyenangkan dan memberi ruang untuk tumbuh.

Baca juga: Menganggur Setelah Lulus? Mungkin ini Penyebabnya

"Hal yang penting bagi karier Anda adalah bukan gaji, (namun) pengembangan (diri) dan kebahagiaan. Gaji akan datang kemudian," sebur Bloomberg.

Ia pun memberi tips bagi wisudawan untuk membantu menentukan pekerjaan, yakni jujur pada diri sendiri dan perusahaan, carilah pekerjaan di perusahaan yang berkomitmen dalam kegiatan amal, beramal, dan jangan memandang rendah pegawai jika sudah berada di posisi pemimpin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber theladders
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com