Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Mall Masih Dipadati Pengunjung

Kompas.com - 01/06/2019, 08:36 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Jika sesuai dengan kalender, maka Lebaran akan jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. Biasanya, di minggu terakhir bulan puasa, mulai ada pergeseran masyarakat kota menuju kampung halaman.

Sebagian warga metropolitan yang tak mudik pun berharap Jakarta kosong melompong.

Namun, di minggu terakhir bulan puasa pun kepadatan masih terlihat di sejumlah jalan di Jakarta. Selain karena jalanan tersebut menjadi titik awal untuk mudik, ternyata cukup banyak yang memilih menghabiskan waktu di ibu kota saja jelang Lebaran.

Pusat perbelanjaan pun masih terlihat ramai, bahkan cenderung padat. Salah satunya di Mal Kota Kasablanka, Jumat (31/5/2019). Sejak sore hingga malam, masyarakat yang datang semakin banyak. Beragam alasannya. Ada yang sekadar ngabuburit, belanja bulanan, atau buka puasa bersama.

Baca juga: Mal Mewah Tidak Terpengaruh dengan Gelombang Tutupnya Ritel Modern?

Kebetulan, baru beberapa hari lalu adalah tanggal gajian. Pun hampir bertepatan dengan pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) sehingga mereka punya banyak uang untuk dikeluarkan.

Terlihat dari mayoritas pengunjung yang membawa tentengan belanjaan di satu atau dua tangan mereka.

Kepadatan pengunjung utamanya nampak di supermarket. Antrean di kasir mengular dan pembeli membawa keranjang penuh barang untuk dibayar.

Dewi (30), salah satu pengunjung supermarket mengaku berbelanja untuk kepentingan bulanan keluarganya.

"Belanja bulanan biasa. Mumpung sudah gajian," kata Dewi.

Baca juga: Menyimak Perkembangan Online to Offline di Mal

Selain itu, keramaian juga terlihat di sejumlah tenant. Di Sports Station, misalnya, terlihat padat karena ada diskon produk olahraga seperti sepatu, kaos, dan juga tas. Tak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan hingga 70 persen.

Memang, Ramadhan menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan peritel untuk memberikan diskon menarik bagi para pembeli. Mereka memanfaatkaan masa-masa jelang Lebaran, di mana masyarakat sudah mengantungi THR.

Di lantai dasar juga terdapat bazar yang menjual berbagai produk pakaian wanita dan pria. Titik ini juga menjadi salah satu favorit pengunjung terlihat dari padatnya pengunjung di sana.

Baca juga: 5 Mall di Jakarta Barat Ini Tebar Diskon Aneka Merek hingga 70 Persen

Tempat lainnya yang juga padat pengunjung yakni tempat makan. Hampir semua tempat makan di Kota Kasablanka penuh jelang berbuka puasa.

Tak sedikit yang memilih berbuka puasa bersama di hari-hari terakhir bulan Ramadhan karena sekaligus silaturahim jelang Lebaran. Sejumlah restoran dan tenant makanan menawarkan promo paket khusus Ramadhan dan juga cashback dengan pembayaran menggunakan dompet digital.

Selain itu, ada juga warga Jakarta yang memilih main ke mal karena tidak mudik ke kampung halaman.

"(Lebaran) di sini saja. Keluarga juga di sini," kata Dinia (28).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com