Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo I Berangakatkan 6.000 Pemudik secara Gratis

Kompas.com - 02/06/2019, 09:00 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I memberangkatkan 6.000 pemudik dalam program Mudik Bareng BUMN 2019 Lebaran 2019.

Ribuan pemudik ini diberangkatkan secara serentak di enam kota di empat provinsi sekaligus yaitu Medan, Lhokseumawe, Sibolga, Pekanbaru, Kandis, dan Perawang menuju berbagai kota tujuan di Pulau Sumatera.

Vice President Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami, mengatakan, program mudik gratis ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Khususnya di kawasan operasional Pelindo I dalam memberikan pelayanan yang aman dan nyaman.

“Mudik Bareng Gratis Pelindo I merupakan bentuk tanggung jawab sosial Pelindo I untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat," kata Fiona dalam keterangannya, Minggu (2/6/2019).

Fiona menjelaskan, program mudik gratis ini sangat diminati masyarakat dari tahun ke tahun. Sehingga pada 2019 Pelindo I menambah kuota peserta mudik dengan persentase mencapai 26,3 persen.

"Pelindo I memberikan kuota peserta mudik sebanyak 6.000 orang, meningkat 26,31 persen jika dibandingkan 2018 yang sebesar 4.750 orang. Dengan penambahan kuota peserta mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan selama masa mudik lebaran,” tuturnya.

Dia menambahkan, peserta mudik gratis ini diberankatkan dari daerah masing-masing menuju tujuan telah ditentukan. Di Pekanbaru misalnya, sebanyak 269 pemudik berangkat dengan tujuh bus dan dilepas Gubernur Riau Syamsuar dan General Manager Pelindo 1 Pekanbaru I Wayan Wirawan dari Kantor Gubernur Riau dengan tujuan Medan, dan Padang.

Kemudian memberangkatkan 200 pemudik di Perawang dan 200 pemudik dari Kandis dengan tujuan Medan.

"Di Lhokseumawe, tiga bis yang diberangkatkan dari Kantor Pelindo I Cabang Lhokseumawe dengan 92 pemudik dilepas General Manager Pelindo I Cabang Lhokseumawe Budi Azmi bersama Sekda Kota Lhokseumawe, dengan tujuan Medan dan Banda Aceh. Di Sibolga, tiga bus diberangkatkan dari Kantor Pelindo I Cabang Sibolga dengan 73 orang pemudik menuju Medan, Padang, dan Pekanbaru," rincinya.

"Selain itu, sebanyak 244 pemudik diberangkatkan dengan tujuh armada bus dari Kantor Pusat Pelindo I, Belawan, Medan dengan tujuan Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Banda Aceh, yang dilepas oleh General Manager Pelindo I Cabang Belawan Yarham Harid," tambah dia.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan General Manager (GM) Pelindo Cabang Belawan, Yarham Harid. Program mudik gratis ini merupakan komitmen pihaknya dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Serta merupakan tanggung jawab sosial kami dalam mempermudah atau mengurangi beban masyarakat dalam rangka mudik ke kampung halaman,” kata Yarman.

Yarman menuturkan, Mudik Bareng BUMN 2019 ini dipelopori Kementerian BUMN yang digelar secara rutin untuk membantu masyarakat untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. "Pelindo I menyediakan armada bus untuk masyarakat yang mudik melalui jalur darat yang meliputi 40 armada bus dan delapan armada kapal," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com