Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan Udara, Lalu Lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama Lancar

Kompas.com - 03/06/2019, 12:13 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki H-2 Lebaran, tidak terlihat kepadatan kendaraan yang melintas di sejumlah ruas tol. Ini termasuk di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Tol Jakarta-Cikampek, Senin (3/6/2019).

Pada hari ini, arus kendaraan di lokasi tersebut terlihat lengang. Padahal, pada Sabtu (1/6/2019)  lalu antrean kendaraan terjadi di ruas Cikarang menuju ke arah Cikampek ini.

Berdasarkan pantauan Kompas.com bersama Whitesky Aviation lewat udara dengan menggunakan helikopter, sekira pukul 10.20 WIB, tidak terlihat adanya kepadatan arus dan antrian kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama. Arus lalu lintas tampak lengang dan lancar.

Baca juga: Puncak Mudik 31 Mei, Cikarang Utama Bakal Dilintasi 150.000 Kendaraan

Volume kendaraan yang terpantau juga bisa dikatakan sepi untuk momentum arus mudik Lebaran. Kendaraan-kendaraan yang melintas di sekitar GT Cikarang Utama itu pun terlihat melaju dengan lancar baik dari arah Jakarta menuju ke Cikampek maupun sebaliknya.

Padahal, tepat pada H-4 lalu, antrean panjang kendaraan sempat mengular di gerbang tol Cikampek Utama, khususnya di Kilometer 70 Purwakarta, Jawa Barat. Kondisi inipun membuat pihak terkait harus mencari cara untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pada H-6 Lebaran telah terjadi kenaikan jumlah pemudik yang signifikan. Ini ditandai dengan jumlah pemudik di Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) yang terpantau padat.

Baca juga: Asyik, Lebar Tol Jakarta-Cikampek Dipulihkan Saat Mudik 2019

Ia mengatakan hal ini usai melakukan konferensi video dengan posko Angkutan Lebaran di beberapa daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com