Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial, Maksimalkan Koneksi Kamu Saat Mencari Pekerjaan

Kompas.com - 08/06/2019, 14:36 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlepas dari apakah kamu lulusan baru atau seorang profesional muda yang lebih berpengalaman, ada baiknya untuk memaksimalkan kenalan saat mencari pekerjaan.

Menurut data Linkedin dikutip dari CNBC, Sabtu (8/6/2019), 70 persen para profesional muda diterima kerja karena memiliki koneksi pribadi. Namun, 51 persen tidak nyaman untuk meminta bantuan relasi dan 40 persen menghindari langkah memanfaatkan koneksi saat mencari kerja.

Blair Decembrele, seorang pakar karir Linkedin mengatakan, penting bagi milenial untuk memanfaatkan koneksinya. Sebab, koneksi atau relasi adalah aset paling berharga saat mencari kerja. Dia pun menyarankan milenial untuk segera membangun relasi dengan rekan kerja saat magang.

Baca juga: Mencari Kerja Baru? Lakukan Beberapa Hal Ini

"Koneksi adalah aset yang paling berharga sebagai seorang profesional. Jika kamu lulusan perguruan tinggi baru-baru ini yang baru saja menyelesaikan magang, sangat penting bagimu untuk fokus membangun dan menjaga hubungan selama magang di perusahaan ataupun setelahnya," kata Decembrele.

Selain membangun relasi, Decembrele menganjurkan untuk meminta penilaian selama magang di perusahaan tersebut.

“Sangat penting juga untuk meminta umpan balik setelah magang sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman profesional dan mengetahui hal-hal yang benar-benar salah," ucap Decembrele.

Namun, bagi yang sudah terlanjur tak bertegur sapa lagi dengan waktu yang lama. Kamu bisa membangun kembali koneksi dengan memanfaatkan momen yang tepat sehingga tak ada rasa canggung.

"Pertama, jalin hubungan di berbagai situs pencari kerja dengan orang yang dimaksud. Katakan pada mereka," Halo Pak/Bu, saya sudah lulus dan mulai mencari peran. Bisakah saya menerima nasihatmu apa yang harus saya lakukan untuk pencarian karir?" sebut Decembrele.

Melakukan hal-hal semacam itu lanjut dia, bisa membantu dalam membangun kembali hubungan itu tanpa meminta pekerjaan atau rujukan dari mereka secara langsung.

"Kamu pun bisa bertemu untuk meminta pendapatnya. Bertemu untuk menerima 2 sampai 3 nasihat atau arahan, bisa membuat kamu setidaknya mengetahui pekerjaan apa yang akan cari," ucapnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com