Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Yakin China Setujui Kesepakatan Dagang dengan AS

Kompas.com - 11/06/2019, 14:55 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia percaya China akan membuat kesepakatan dengan AS karena tak ada jalan lain yang bisa ditempuh. Sebab, saat ini AS dalam posisi unggul luar biasa dalam perang dagang.

"Kesepakatan China akan berhasil. Anda tahu kenapa? Karena tarif, mereka harus melakukannya. Kenaikan tarif di Meksiko dan Cina menempatkan AS dalam keunggulan kompetitif yang luar biasa," kata Donald Trump dikutip dari CNBC, Selasa (11/6/2019).

Menurut Trump, saat ini China semakin dihancurkan oleh perusahaan yang meninggalkannya karena perusahaan-perusahaan tersebut tak membayar tarif.

Baca juga: Trump Ancam akan Naikkan Tarif jika Xi Jinping Tak Sowan Dirinya

Namun, masih belum jelas sampai mana China akan dirugikan dalam perang dagang ini. Sebab, berdasarkan data yang dirilis pemerintah menunjukkan suplus China terhadap AS mengalami pelebaran pada Mei.

Trump juga merespon secara langsung pernyataan seorang kepala urusan internasional Myron Brilliant yang mengkritik kebijakan tarifnya. Menurut Trump, tindakan Brilliant bukan melindungi negara, melainkan melindungi perusahaan yang menjadi anggotanya.

"Dia tidak melindungi negara kita. Dia melindungi perusahaan yang menjadi anggotanya," kata Trump tentang Brilliant.

Baca juga: Trump Blacklist Huawei, Microsoft dan Google Ikut-ikutan

Seperti diketahui, tujuan Presiden Trump menaikkan tarif adalah untuk mengatasi kekhawatiran termasuk pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa, dan defisit perdagangan. Hingga akhirnya Trump memutuskan untuk menaikkan tarif 200 miliar dollar AS pada barang-barang China sejak Mei.

Terus berkecamuknya perang dagang membuat AS kembali menarifkan 250 miliar dollar AS pada produk-produk China. Sedangkan China pun memukul balik dan menetapkan tarif 110 miliar Dollar AS pada barang-barang AS.

Bahkan, Trump telah mengancam untuk mengenakan tarif terpisah pada lebih dari 300 miliar dollar AS pada barang-barang China.

https://www.cnbc.com/2019/06/10/trump-to-cnbc-china-will-make-a-deal-because-theyre-going-to-have-to.html

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com